Waterfront Kapuas Indah-Senghie Pontianak Dirancang Instagramable

Wali Kota Pontianak meninjau progres membangunan waterfront. Foto: Dok. Hi!Pontianak

Hi!Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meninjau perkembangan pembangunan waterfront kawasan Kapuas Indah hingga ke Pelabuhan Senghie. Waterfront sepanjang 1,2 kilometer itu hingga kini progres pengerjaannya baru mencapai 35 persen.

“Untuk waterfront saya sangat intens memantau progres pengerjaannya karena ini akan menjadi salah satu ikon dan landmark Kota Pontianak perpaduan zaman dulu dan modern,” kata Edi dalam keterangan tertulis, Jumat, 2 Juli 2021.

Edi menyebutkan, pembangunan waterfront ini diharapkan akan merubah wajah Kota Pontianak menjadi lebih baru dan menarik, terutama di tepian Sungai Kapuas. Pembangunan waterfront tersebut akan mengusung konsep modern tetapi tetap memperhatikan ciri khas kearifan lokal.

Nantinya waterfront kawasan Kapuas Indah tersebut akan terkoneksi dengan waterfront yang sudah ada saat ini. Dengan adanya waterfront ini masyarakat bisa berjalan kaki melihat keindahan Sungai Kapuas dari Taman Alun Kapuas hingga ke Gang Kamboja.

Selain itu, konsep waterfront itu dirancang instagramable, yang di mana nantinya akan ada beberapa spot foto menarik untuk masyarakat yang bersantai di sepanjang waterfront. Kemudian waterfron akan dipercantik dengan beberapa spot taman, lampu dan ampiteater untuk aktivitas masyarakat berkreasi.

“Target tahun 2022 selesai. Nanti ini (waterfront) nyambung lewat senghei. Masyarakat bisa berjalan kaki dari alun Kapuas sampai ke (gang) kamboja, dan kita akan terus lanjutkan kedepannya sampai ke kampung bansir. Setelah itu lari ke timur, kita tuntaskan. Pokonya disini pusat aktifitas masyarakat untuk berinteraksi,” pungkasnya.

Comments are closed.