Wanita Ini Hampir Mati saat Bikin Video TikTok Hirup Bunga Trompet Malaikat

Brugmansia arborea atau bunga trompet malaikat. Foto: Lazaregagnidze via Wikimedia Commons

Seorang penyanyi wanita asal Kanada, Raffaela Weyman, menceritakan pengalamannya terbius dan hampir merengang nyawa akibat menghirup bunga yang tak sengaja ia temui di jalan. Weyman hanya berniat sekadar membuat konten TikTok, tapi justru berakibat fatal.

Weyman bercerita, ia dan teman wanitanya melihat bunga yang indah berwarna kuning saat dalam perjalanan menghadiri acara ulang tahun. Mereka pun berinisiatif membuat video TikTok dengan adegan menghirup bunga tersebut.

Dikutip Business Insider, sesampai di tempat pesta, Weyman dan temannya ternyata pusing. Kepala mereka seperti berputar-putar hingga akhirnya memutuskan untuk kembali pulang ke rumah.

Brugmansia arborea atau bunga trompet malaikat. Foto: sandid via Pixabay

“Ketika kami tiba di tempat pesta ulang tahun, kami berdua tiba-tiba merasa sangat kacau dan harus pergi,” kata Weyman dalam video TikTok yang telah menerima lebih dari 50 ribu like.

Keesokan harinya, Weyman dan temannya menceritakan mengalami sleep paralysis atau kelumpuhan tidur yang sangat buruk hingga menyebutnya sebagai ‘mimpi buruk yang paling gila’. Weyman mengaku tertipu dengan penampilan bunga yang begitu cantik, sehingga membuatnya ketagihan mencium aromanya.

Belakangan, mereka baru tahu bahwa bunga yang dicium itu ternyata bernama Angel’s Trumpet atau Trompet Malaikat. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Brugmansia arborea itu mengandung scopolamine yang bisa memblokir sistem saraf yang mengontrol keseimbangan.

Pada 2012, film dokumenter Vice menyebutkan scopolamine sebagai ”obat paling menakutkan di dunia.” Scopolamine bisa menyebabkan keadaan seseorang menjadi seperti zombie, yang ditandai dengan halusinasi, amnesia, dan hilangnya kesadaran.

Weyman tergolong ‘beruntung’ karena menghirup bunganya sebentar, mengingat mengkonsumsi scopolamine dalam dosis besar dapat menyebabkan pingsan berkepanjangan, gagal napas, hingga berujung pada kematian. Sementara dosis kecil dapat digunakan untuk mengobati mual dan asma.

Meskipun tergolong beracun dan berbahaya, bunga trompet malaikat legal untuk tumbuh di sebagian besar negara bagian AS. Weyman menemukan bunga itu di lingkungan Silver Lake di Los Angeles, AS, menurut keterangan di akun Instagram-nya.

Di Indonesia sendiri, bunga trompet malaikat biasa dikenal dengan kecubung. Karena efeknya yang cukup membahayakan, BNN (Badan Narkotika Nasional) mengkategorikan bunga itu sebagai 15 tanaman berbahaya dan masuk golongan narkotika, sesuai dengan usulan Kementerian Kesehatan.

Comments are closed.