Wagub DKI: 7 Kasus Diduga Hepatitis Akut Misterius Berusia di Atas 16 Tahun

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (8/3) Foto: Haya Syahira/kumparan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan rincian data 21 kasus diduga terjangkit virus Hepatitis Akut Misterius. Rupanya, terdapat 7 kasus yang menjangkiti usia di atas 16 tahun.

“Dari 21 kasus, termasuk 3 yang meninggal, 14 orang berusia kurang dari 16 tahun. Untuk 7 orang lainnya usia 16 tahun lebih,” kata Riza Patria dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (12/5).

Meskipun begitu, Riza mengatakan status ke 21 korban masih belum bisa dipastikan terjangkit Hepatitis Akut Misterius. Untuk mengetahui jenis virus yang menjangkiti memang diperlukan waktu yang tidak sebentar.

“Semua masih dalam proses penyelesaian pemeriksaan Hepatitis. Sehingga semua kasus masih berstatus pending clasification,” lanjut Riza.

Infografik Waspada Hepatitis Akut pada Anak. Foto: kumparan

Sebelumnya, organisasi kesehatan dunia, WHO, telah mengeluarkan peringatan Kejadian Luar Biasa terkait dengan penyebaran kasus ini.

Namun, jika melihat dari kasus serupa yang ditemukan di 12 negara lain, penyakit ini menjangkiti anak-anak dengan rentan usia 1 bulan hingga 16 tahun.

Artinya, 7 kasus yang menjangkiti anak dengan usia di atas 16 tahun tidak termasuk dalam kasus Hepatitis Akut Misterius. Namun menurut Riza, hal ini memang perlu dikaji lebih dalam lagi.

“Sedangkan 7 orang lain berusia 16 tahun lebih, sehingga tidak masuk kriteria WHO sebagai kewaspadaan Hepatitis Akut Berat yang belum diketahui penyebabnya,” pungkas Riza.

Comments are closed.