Viral, Warga Jambi Bikin Helikopter dari Barang Bekas

Kerangka helikopter yang dibuat Usman. (Foto: M Sobar Alfahri/Jambikita.id)

Jambikita.id – Kerangka helikopter terlihat parkir di tengah permukiman, Kelurahan The Hok, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Bukan bangkai helikopter jatuh, melainkan bentuk percobaan yang dilakukan Usman Jalil.

Kerangka helikopter ini menggunakan kabin depan mobil yang dicat warna merah gelap. Baling-baling dan ekor helikopter tampak terpasang rapi.

“Ini masih belum selesai. Masih banyak yang perlu dipasang lagi. Badan heli ini rencana akan saya pasang menggunakan bahan dari serat kaca, agar ringan,” ungkapnya, Rabu (7/7).

Ia pun mengatakan helikopter ini dibuatnya sejak bulan ramadan lalu. Tidak menggunakan bahan baru, tetapi menggunakan barang-barang bekas, sehingga dinamakan”Heli Rakitan Anak Desa”.

“Ini semua dari barang bekas. Mulai dari kabin pilotnya, besi-besinya, gardannya, hingga alat pengendalinya,” tuturnya.

Mesin sepeda motor matic, dan dua mesin tambahan digunakan Usman untuk perlengkapan helikopter tersebut.

“Saya pakai mesin motor Mio dan Vario untuk tenaga penggerak baling-baling. Untuk stabilnya, saya gunakan kipas mesin milik mobil panther, dan saya gunakan dinamo khusus agar bisa berputar dari arah yang berlawanan,” jelasnya.

Helikopter tersebut sempat dinyalakan. Baling-baling berputar, sehingga pohon-pohon dan rerumputan di sekitarnya tampak bergerak.

Usman ingin mengembangkannya lagi menggunakan besi dan serat kaca. Apabila dana yang dimilikinya lancar, maka pembuatan helikopternya akan menjadi cepat selesai, dan mungkin lekas diterbangkan.

Ia mengatakan apabila dana yang ia miliki lancar, maka pembuatan helikopter dirinya akan menjadi cepat selesai, dan lekas diterbangkan.

“Maka harapan saya kepada pemerintah mungkin dapat membantu heli rakitan anak desa ini. Agar cepat terselesaikan dan dapat diterbangkan,” harapnya. (M Sobar Alfahri)

Comments are closed.