Viral Pria Ajak Pejabat Posisikan Jadi Rakyat saat PPKM

Penyegalan salah satu kantor di Jakut yang langgar PPKM Darurat. Foto: Dok. Diskominfotik Jakut

Curhatan seorang pria bernama Ali Jufri tentang pemberlakuan PPKM Darurat yang diterapkan pemerintah di Jawa-Bali heboh di media sosial. Terlebih, pria tersebut mengaku tidak sepedapat dengan aturan tersebut karena disebut akan menimbulkan masalah baru.

Di video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @alijufri96, pria tersebut membagikan keluh kesahnya selama penerapan PPKM sejak Sabtu, (3/7/2021). Ia membahas berbagai sektor. Mulai dari angka PHK yang meningkat, pengusaha di ambang kebangkrutan hingga kemiskinan.

Dalam curhatannya itu, Ali mengaku di tengah pemberlakuan PPKM, rakyat miskin akan semakin terpuruk. Selain itu, aturan tersebut juga dianggap akan mengganggu mata pencaharian banyak orang. Menurutnya, pemerintah harus berlaku adil dan memerhatikan rakyat.

“Teruntuk Bapak Presiden dan para pejabat yang terhormat. Coba posisikan diri anda seperti rakyat yang cari nafkah di hari itu untuk makan. Yang kalau nggak bergerak nggak ada uang untuk sekadar beli beras. Tolong jangan samakan mereka seperti anda.

Foto udara suasana alun-alun Tegal, Jawa Tengah, saat penerapan PPKM Darurat pada, Rabu (7/7/2021). Foto: Oky Lukmansyah/ANTARA FOTO

“Plis berlaku adil, Pak. Rakyat setuju dengan aturan yang bapak buat tapi tolong jamin hidup rakyat. Kalau nggak punya uang, ngutang sama negara lain untuk hidupi rakyatmu. Jangan cuma berani ngutang untuk alasan insfrastruktur yang ujung-ujungnya dikorupsi,” lanjutnya.

Begitulah curhatan Ali tentang kondisi saat ini di tengah pemberlakuan PPKM. Menurutnya, ia mengaku setuju dengan aturan tersebut, namun pemerintah disebut harus memerhatikan rakyat kecil yang akan terkena dampaknya.

Di sisi lain, ia juga menganalisis hasil PPKM yang baru-baru ini diterapkan. Menurutnya, naik atau tidaknya angka positif COVID-19 tidak sebanding dengan jumlah orang yang di-PHK. Tidak hanya itu saja, Ali juga menekankan bahwa pengusaha bakal kewalahan hingga dikhawatirkan akan bangkrut.

Viral keluh kesah pria bernama Ali Jufri sebut Presiden dan para pejabat memposisikan sebagai rakyat saat pemberlakuan PPKM Darurat. (Foto: Instagram/@alijufri96)

Dengan hal itu, jalan satu-satunya untuk mencegah hal tersebut dengan melakukan lockdown total ketimbang PPKM yang dianggap membunuh perekonomian rakyat kecil secara perlahaan. Akan tetapi, pemerintah disebut harus menjamin kehidupan rakyat.

“Solusinya apa? lockdown total dan jamin hidup rakyat. Jangan bunuh rakyat secara perlahan, Pak,” ucapnya lagi.

Itulah keluh kesah pria bernama Ali Jufri yang menganggap pemerintah tidak menjamih hidup rakyat kecil selama pemberlakuan PPKM. Kini, video viral itu telah dilihat nyaris 600 ribu kalit dan mendapat beragam tanggapan dari warganet, mulai dari komentar pujian hingga kritikan.

“Mantap, setuju banget. Bagi pedagang, pekerja serabutan dan buruh ini tuh berasa banget mati perlahannya. Gaji nggak punya, usaha dibatasi, kehidupan sehari-hari tidak dijamin, udahlah,” tulis @putriputam.

“Tidak ada solusi atas problem yang ada, hanyalah penyajian kebencian tanpa sebab yang jelas, atau lagi cari panggung,” sahut @mad_eindra.

“Semoga sampai ke telinga bapak presiden mas. Aku sebagai warga miskin cuma bisa berdoa biar semuanya bisa baik-baik saja, mantap mas,” timpal @rinadafa09. (fre)

Comments are closed.