Viral Lagu Welcome To Indonesia, Ini Kritikan dari 5 Seleb TikTok

Ilustrasi TikTok. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Hi!Pontianak – Lagu ‘Welcome to Indonesia’ belakang ini tengah menjadi tren baru di media sosial TikTok. Konten tersebut mengisahkan tentang keadaan yang sudah biasa terjadi di Indonesia.

‘Welcome to Indonesia’ merupakan ungkapan bernada sindiran dan kritikan dengan iringan musik yang ditujukan ke pemerintah, politik, selebriti hingga netizen mengenai budaya dan kultur di Indonesia. Dengan iringan musik milik kreator Abigail Barlow, pengguna dapat bebas memberikan ungkapan apapun.

Konten ini pun telah banyak diikuti oleh kreator-kreator terkenal di TikTok dengan beragam topik sindiran. Siapa saja mereka? Berikut diantaranya:

1. Ica Maysha

Konten welcome pertama kali diviralkan oleh seorang perempuan pemilik akun TikTok bernama @icamaysha. Video tersebut bahkan telah ditonton sebanyak 14,2 juta.

Lirik lagu yang ia nyanyikan merupakan kumpulan isu yang sedang ramai terjadi di Indonesia, diantaranya seperti saat renang harus pakai baju yang sangat tertutup, agama minoritas sulit mendapat pengakuan, sampai menyindir selebgram, Denise Chariesta.

2. Willy Winarko

Kreator Willy Winarko mengambil tema ‘Orang Dalam Nomor Satu’ dan telah ditonton sebanyak 4,4 juta. Dalam video tersebut, Willy mendeskripsikan sindiran bagaimana di Indonesia orang dalam menjadi nomor satu, dibandingkan prestasi untuk mencapai kesuksesan.

Jual nama kerabatmu atau orangtua, welkam to indonesia nih budaya kita salam tempel selipkan uang di bawah meja,” demikian sepenggal ungkapan sindiran dari akun Willy Winarko di TikTok.

3. Avan Putra

Seleb TikTok Avan the Love juga ikut membuat konten lagu Welcome to Indonesia. Kali ini, ia menyinggung soal body shaming yang kerap dilontarkan oleh masyarakat. Video itu telah ditonton hingga 6,2 juta pengguna hingga saat ini.

“Welcome to Indonesia body shaming udah biasa. Basa-basinya tajam sampai hati terluka. ‘Eh kok kamu gendutan. Kamu kurusan’. Kalau ditegur mereka bilang ‘Kan sekadar mengingatkan’. Welcome to Indonesia lihatlah tetangga. Kepo hal yang wajib biar bisa bongkar aib. Didiemin malah ngelunjak, dibaikin dibilang caper, kalau digalakin kita dibilang baper,” lantun Avan Putra.

4. Aaron Ashab

YouTube sekaligus aktor Aaron Ashab juga ikut dalam tren Welcome to Indonesia. Dia menyinggung soal kasus COVID-19 yang terus bertambah namun banyak yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

“Welcome to Indonesia where Covid still around. Divaksin gamau prokes juga gak patuh. Di test swab takut, oh memang sungguh halu. Public figure kena dibilang endorse mulu. Welcome to Indonesia ayo jalan-jalan. Padahal positif bilangnya ‘Ah di Covid kan’. Isolasi gak betah Covid terus bertambah. Kasus naik lagi nyalahin pemerintah,” kata Aaron.

5. Shella Fernada

Bukan mengkritik atau menjelekkan Shella Fernada justru membanggakan perilaku ramah warga Indonesia. Nyanyian ‘Welcome to Indonesia’ versi dirinya ini pun telah di tonton sebanyak 2,7 juta kali.

Dalam lirik nyanyian tersebut Shella menyebutkan bahwa penduduk Indonesia sangatlah ramah. Bahkan, meskipun belum kenal mereka akan tetap menyapa atau melontarkan senyum.

“Walau masih banyak jelek dan kurangnya tapi aku tetap bangga menjadi warganya,” sepenggal ungkapan dari akun Shella di TikTok.

Comments are closed.