Viral Fresh Graduate Dianggap Sombong Saat Melamar Kerja, Lebih Galak dari Bos

Ilustrasi fresh graduate. Foto: Shutter Stock

Kayaknya semua udah tahu kalau lagi wawancara kerja, seorang pelamar harus menunjukkan penampilan terbaik dari dirinya. Enggak cuma dalam bentuk CV menarik dan baju rapi, tapi juga sikap sopan.

Sayangnya enggak semua pelamar kerja paham soal ini.

Kayak seorang fresh graduate yang belakangan jadi viral karena dianggap sombong saat melamar kerja, bahkan lebih galak dari co-founder perusahaan.

Dalam sebuah unggahan di Facebook dari akun Hara Lee, terlihat tangkapan layar dari percakapan antara fresh graduate dan co-founder.

Si fresh graduate menyampaikan ketertarikannya untuk melamar di perusahaan itu sebagai Senior Content Creator. Dia langsung membuka chat dengan menanyakan gaji dan apakah bisa bekerja dengan waktu yang fleksibel.

Sebagai balasan, pendiri perusahaan meminta CV dan portofolionya.

Ilustrasi mencari kerja secara online. Foto: Shutter Stock

Alih-alih mengirimkannya, pelamar kerja itu bilang belum memiliki portofolio karena baru banget lulus kuliah. Sebagai gantinya, dia menawarkan buat mengirim tugas akhirnya yang disingkat sebagai FYP (final year project).

“Bisa kirim tugas akhirku? Aku dapat nilai 92 persen untuk tugas itu. Bagus, kok,” katanya, seperti dikutip dari Goody Feed.

Bingung dengan singkatan FYP, si co-founder menanyakan apa kepanjangannya. Tapi jawaban fresh graduate tersebut justru bikin kaget.

“Itu proyek tugas akhir untuk dapat gelar dari kampus. Kamu kuliah enggak, sih?” tanya dia.

Mungkin kesal dengan jawaban si pelamar kerja, pemilik perusahaan langsung menanyakan dari mana dia mendapatkan nomornya.

Lagi-lagi, fresh graduate itu memberikan jawaban yang enggak biasa.

“Bisa tolong jawab pertanyaan pertamaku (soal gaji dan waktu kerja)? Aku mau tahu apakah pekerjaan ini sesuai sama harapanku atau enggak,” balasnya merujuk pada chat pertama yang dia kirim.

Udah bisa ketebak, si co-founder langsung menolak pelamar tersebut.

“Aku jujur, ya, sama kamu. Aku yang mewawancarai dan aku co-founder di sini. Aku mendoakan semoga kamu beruntung dalam mencari kerja. Kamu bakal butuh pengembangan karakter intensif sebelum diterima di industri,” jawab dia.

Si fresh graduate lalu mengakhiri chat itu dengan sikap yang sama dan hanya membalas, “Kthx (Oke, terima kasih)”.

Warganet Anggap Fresh Graduate Bersikap Sombong

Unggahan tersebut viral dan dibanjiri komentar warganet. Mereka kaget dengan balasan si fresh graduate dan menganggapnya sombong serta angkuh.

Tapi ada juga yang membelanya dan bilang co-founder juga bersikap kurang baik terhadap pelamar kerja.

Well, satu hal yang pasti, bersikap kasar saat melamar kerja bukanlah ide yang bagus.

Comments are closed.