Varian Delta Picu Kasus Harian COVID-19 di Portugal Kembali Melonjak

Mobil ambulas dengan pasien corona terlihat menunggu di rumah sakit Santa Maria, Lisbon, Portugal. Foto: Pedro Nunes/REUTERS

Setelah sempat melandai pada Maret hingga Mei, kasus harian COVID-19 di Portugal kembali mengalami peningkatan. Varian Delta dianggap menjadi dalang dari lonjakan kasus ini.

Dikutip dari Reuters, pada Rabu (30/6), Pemerintah Portugal mencatat penambahan kasus harian corona baru sebanyak 2.362 infeksi. Angka ini disebut penambahan yang tertinggi sejak pertengahan Februari lalu.

Kini, total kasus COVID-19 di negara ini berjumlah 879.557 dengan kematian akibat virus corona sebanyak 17.096 jiwa. Mayoritas kasus baru ini berpusat di Kota Lisbon, Ibu Kota Portugal.

Portugal sebelumnya bergelut dengan situasi pandemi terparah pada Januari 2021, tetapi sempat mengalami penurunan yang cukup drastis.

Kementerian Kesehatan Portugal menduga virus corona varian Delta menjadi penyebab utama dari lonjakan kasus yang kini tengah menerpa. Setengah dari kasus di penjuru negara ini adalah infeksi varian Delta.

Lonjakan infeksi ini terjadi usai Portugal kembali membuka sektor pariwisata untuk turis dari negara anggota Uni Eropa dan Inggris sejak pertengahan Mei lalu.

Pekerja mempersiapkan toko jelang pelonggaran lockdown di Portugal. Foto: Pedro Nunes/REUTERS

Sebagian besar pertokoan telah dibuka, dan bersamaan dengan menyongsongnya musim panas, pantai-pantai dipenuhi oleh pengunjung.

Sejak awal bulan ini, para pelaku perjalanan dari Portugal yang masuk ke Inggris diwajibkan untuk melakukan karantina, setelah sebelumnya sempat dibebaskan dari kewajiban tersebut. Jerman, pekan lalu, mengumumkan Portugal sebagai zona varian virus.

Pada Senin (28/6/2021) lalu, Pemerintah Portugal menyatakan bahwa turis dari Inggris harus melakukan karantina selama 14 hari jika mereka belum divaksinasi dosis penuh.

Antrean ambulans berisi pasien corona saat mereka menunggu di rumah sakit Santa Maria, Lisbon, Portugal. Foto: Pedro Nunes/Reuters

Sementara turis berusia di bawah 18 tahun dari Inggris akan dibebaskan dari kebijakan karantina jika orang tua atau wali mereka telah divaksinasi dosis penuh.

Akibat dari peningkatan kasus ini, Pemerintah Portugal semakin menggalakkan vaksinasi COVID-19 dan menetapkan kebijakan pembatasan kegiatan ketat di beberapa kota dengan tingkat infeksi varian Delta yang tinggi.

Hingga kini, sebanyak 31% dari total populasi 10 juta penduduk Portugal telah divaksinasi dosis penuh.

Comments are closed.