Update Tenggelamnya KMP Yunicee: 39 Selamat, 7 Meninggal, 29 Hilang

Petugas mengangkut berbagai barang dari KMP Yunicee di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Rabu (30/6/2021). Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO

Basarnas Bali merilis hasil evakuasi korban KMP Yunicee yang tenggelam di selat Bali pada Selasa (29/6) sekitar pukul 19.06 WITA kemarin.

Kepala Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, total korban yang telah ditemukan berjumlah 46 orang. 39 orang di antaranya berhasil diselamatkan dan 7 orang ditemukan meninggal.

“Hari kedua penanganan kecelakaan kapal penumpang, KMP Yunicee telah mengevakuasi 39 orang selamat, 7 orang meninggal dunia,” kata dia dalam keterangan rilisnya, Rabu (30/6).

Berdasarkan manifes dalam kapal tersebut berjumlah 57 orang, yang terdiri 41 penumpang dan 16 ABK. Dari manifes tersebut masih ada 11 orang yang masih dinyatakan hilang.

Selanjutnya, posko Gabungan di Pelabuhan Gilimanuk menerima laporan orang dari pihak keluarga dalam tragedi ini berjumlah 18 orang. Total orang yang masih dinyatakan hilang adalah 29 orang.

“Dalam perkembangannya di posko gabungan, kami menerima laporan kehilangan sebanyak 18 orang yang kemungkinan berada di kapal tersebut, “kata Darmada.

Petugas memeriksa temuan barang milik penumpang KMP Yunicee di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Rabu (30/6/2021). Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO

Menurutnya laporan itu juga perlu melalui tahap validasi di posko bersama pihak-pihak terkait dan seluruh laporan telah tercatat dan didata.

Darmadi mengatakan, total luas area pencarian berkisar 57,93 nm2 dengan pembagian 7 area. Pencarian melibatkan SAR, Polri, dan TNI AL. Adapun kapal yang terlibat adalah KRI Rigel 993, KRI Soputan 923, KN SAR Permadi, KMP ASDP Indonesia Ferry, 3 unit RIB, 8 unit speedboat, dan 1 unit rubber boat. Pemprov Bali juga disiagakan ambulans sebanyak 8 unit.

Darmada mengatakan, bahwa upaya penyelaman belum bisa dilakukan mengingat titik pastinya KMP Yunicee belum dapat ditentukan dengan arus kencang dan kedalaman kurang lebih 58 meter.

Selain mengevakuasi korban selamat dan menemukan korban meninggal dunia, tim SAR gabungan juga mendapatkan beberapa barang yang diduga milik penumpang serta jaket pelampung.

“Operasi SAR telah berlangsung sejak pagi hari dan dihentikan sementara sekitar pukul 18.00 Wita dan akan kembali dilanjutkan besok pagi, ” kata dia.

Sementara itu dari pihak DVI Polda Bali telah mengidentifikasi 7 korban meninggal dunia yakni :

1. Abdul Koyun (L/54)

2. Ariana Niken (P/23)

3. Diah Ari Meiyana (P/39)

4. Sri Rahayu (P/66)

5. Alifiah Putri Sugiarti (P/19)

6. Bunga Cinta Ramadhani (P/14)

7. Bagas Putra Sugiarto (L/17)

Comments are closed.