Update Corona Jateng: Kudus Melandai, Banjarnegara dan Jepara Meningkat

Ilustrasi virus corona. Foto: Maulana Saputra/kumparan

Kasus corona di Kabupaten Kudus mulai menunjukkan penurunan. Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kudus sudah keluar dari zona merah.

“Kudus melandai, bahkan sekarang sudah oranye kalau dari data epidemologis. Kudus sudah tidak masuk zona merah,” kata Ganjar ditemui di kantornya, Selasa (6/7).

Namun, kenaikan kasus COVID-19 masih terjadi di Kabupaten Jepara. Ganjar menyebut, Jepara masih terus mengalami tren kenaikan.

“Jepara lagi meningkat sekarang, jadi kami terus perhatikan,” jelas dia.

Tak hanya Jepara, kenaikan kasus juga terjadi di Kabupaten Banjarnegara. Di sana kasus corona berangsur-angsur naik dan membuat rumah sakit kewalahan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan pengecekan penanganan Covid-19 di RSUD Dr Loekmono Hadi, Kudus, Senin (31/5). Foto: Pemprov Jateng

Dengan kondisi ini, Ganjar meminta rumah sakit di Jateng untuk terus meningkatkan BOR agar bisa menampung pasien corona. Sehingga jika terjadi lonjakan, tidak akan ada kepanikan.

“Semua saya minta tidak boleh berdiam diri. Pengalaman di Banjarnegara, kemarin itu kasusnya biasa saja. Sekarang terjadi peningkatan cukup tinggi. Maka kemarin saat rapat, saya minta Kadinkes Banjarnegara untuk menyiapkan semuanya,” tegas dia.

Dikutip dari situs corona.jatengprov.go.id, kasus aktif corona di Kudus pada Senin (5/7), turun dibandingkan pada Minggu (4/7).

Pada Senin (5/7) kasus aktif mencapai 1.089. Sementara itu pada Minggu (4/7) mencapai 1.233.

Sementara itu, jumlah total kumulatif pasien sembuh di Kudus per hari ini mencapai 12.370. Jumlah pasien sembuh kemarin hanya ada 12.164.

Comments are closed.