Unai Simon Blunder Tapi Pedri yang Dianggap Gol Bunuh Diri, Mengapa?

Reaksi kiper Spanyol Unai Simon setelah mencetak gol bunuh diri saat melawan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Hannah McKay/Reuters

Unai Simon menyorot perhatian dalam laga Kroasia vs Spanyol di babak 16 besar Euro 2020, Senin (28/6) malam WIB. Itu karena dia membikin blunder fatal yang berujung gol untuk lawan.

Hal ini terjadi pada menit ke-20. Saat Spanyol tengah berupaya membobol gawang Kroasia, Simon malah membikin kesalahan fatal. Ia gagal mengontrol bola operan Pedri dengan sempurna.

Memang, sih, bola meluncur dengan deras dari area tengah lapangan. Namun, jika lebih tenang sedikit, Simon bisa saja mengontrol laju bola.

Nama Simon pun akhirnya terpampang sebagai pencetak own goal Spanyol. Namun, tak lama setelah itu, di sekitar pengujung babak pertama, UEFA dan perangkat pertandingan Euro 2020 meralat putusan tersebut.

Reaksi kiper Spanyol Unai Simon setelah mencetak gol bunuh diri saat melawan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Wolfgang Rattay/Reuters

Jadi, gol bunuh diri Spanyol yang sebelumnya tercatat atas nama Unai Simon, diganti menjadi atas nama Pedri. Kenapa diganti begitu?

Boleh jadi, pertimbangannya adalah bola dinilai tidak mengenai kaki atau tubuh Simon sebagaimana anggapan awal. Memang, bola lepas dari penguasaannya, tetapi bola dianggap tidak sama sekali menyentuh anggota badan Simon.

Jadilah, akhirnya Pedri yang dicatat sebagai pencetak gol bunuh diri Spanyol. Bola dinilai meluncur ke gawang Spanyol dari operan Pedri langsung tanpa sentuhan Simon.



Comments are closed.