Ucapan Selamat Joe Biden kepada MBZ yang Terpilih Jadi Presiden UEA

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto: Jim Watson/AFP

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat kepada penguasa de facto Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ) Al Nahyan yang terpilih menjadi presiden. MBZ menggantikan posisi presiden yang ditinggalkan kakaknya, Khalifa Al-Nahyan, karena meninggal dunia.

“Saya mengucapkan selamat kepada teman lama saya Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan atas terpilihnya dia sebagai presiden Uni Emirat Arab,” kata Biden dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP, Minggu (15/5).

Biden berharap dapat meningkatkan kerja sama antara AS dengan UEA di bawah kepemimpinan MBZ. “Untuk lebih memperkuat ikatan di antara kami, negara dan masyarakat,” ucapnya.

Di sisi lain, Wakil Presiden AS Kamala Harris diagendakan akan melakukan perjalanan ke UEA pada hari Senin (16/5) untuk memimpin delegasi kepresidenan dan menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Sheikh Khalifa.

Di Abu Dhabi, Harris akan bertemu dengan MBZ dan menekankan hubungan baik kedua negara.

“Menggarisbawahi kekuatan kemitraan antara negara kami dan keinginan kami untuk lebih memperdalam hubungan kami dalam beberapa bulan dan tahun mendatang,” demikian pernyataan dari kantor Wapres AS, terkait agenda Harris.

Mohamed bin Zayed Al Nahyan. Foto: Hannan Mckay/AFP

MBZ yang kini berusia 61 tahun, seorang tentara terlatih, telah lama menjadi kekuatan UEA di belakang takhta Abu Dhabi. Dia mengambil peran utama setelah Sheikh Khalifa, mundur dari sejumlah urusan pemerintahan pada tahun 2014, ketika dia menjalani operasi setelah stroke.

Setelah kematian Sheikh Khalifa pada hari Jumat (13/5), MBZ dipilih dengan suara bulat oleh Dewan Tertinggi Federal, yang terdiri dari penguasa tujuh emirat UEA. Dia juga dinobatkan sebagai penguasa Abu Dhabi, yang menguasai sebagian besar kekayaan minyak negara itu.

Setelah terpilih, MBZ menyatakan apresiasi terhadap berbagai pihak yang mempercayakan jabatan itu kepadanya.

“[MBZ] menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan oleh saudara-saudaranya, Yang Mulia, anggota Dewan Tertinggi Federal, yang telah dipercayakan kepadanya,” tutur Dewan Tertinggi Federal yang mengutip Sheikh Mohamed, dikutip dari The National News, Sabtu (14/5).

“[MBZ] berdoa agar Allah SWT membantunya berhasil, membantunya dalam mengambil tanggung jawab besar ini dan memenuhinya dalam melayani UEA dan orang-orang setianya,” sambungnya.

Comments are closed.