Ucapan Duka Salim Segaf: Bu Rachmawati Sosok yang Patriotik

Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri (kanan) di DPP PKS. Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri menyampaikan rasa duka cita atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri. Ia mengenang, Rachmawati adalah sosok yang secara konsisten berjuang bagi bangsa Indonesia.

“Bu Rachmawati adalah sosok yang patriotik, yang konsisten berjuang bagi keutuhan NKRI. Kita semua tentu kehilangan. Berita ini duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia,” tutur Salim Segaf dalam keterangannya, Sabtu (3/7).

Pengurus PKS saat bersama Rachmawati Soekarnoputeri. Foto: Dok. Istimewa

Salim Segaf mengaku ada kedekatan tersendiri antara putri proklamator itu dengan keluarga besar PKS. Bahkan, para pengurus PKS kerap bersilaturahmi ke kediaman Rachmawati.

“Bu Rachma dan PKS itu dekat. Kami pengurus sering silaturahmi ke rumah beliau, dan beliau juga sering berkunjung ke kantor PKS. Kami banyak diskusi terkait berbagai permasalahan bangsa,” ungkapnya.

Menurutnya, hal itu bisa terjadi karena ada banyak kesamaan pandangan antara PKS dengan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu. Salah satunya adalah kesamaan sikap dalam berbagai masalah bangsa.

“Kami sama-sama sepakat bahwa konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sudah selesai, tak perlu diperdebatkan lagi. Saatnya kita bersatu merealisasikan konsensus nasional itu dalam kebijakan dan garis perjuangan,” pungkasnya.

Rachmawati Soekarnoputri meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pukul 06.15 WIB, Sabtu (3/7), karena COVID-19. Putri proklamator Sukarno ini lahir di Jakarta pada 27 September 1950 dengan nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri

Comments are closed.