Tutorial Cara Mengatasi Lupa Password Gmail dengan Mudah

Lupa password Gmail. Sumber: unsplash.com

Kini hampir semua orang menggunakan Gmail yang terhubung ke akun Google untuk melakukan berbagai keperluan. Mulai dari keperluan pribadi, sekolah, hingga pekerjaan. Apalagi sekarang ini email juga digunakan untuk membuat akun media sosial. Sayangnya, terkadang bagi beberapa orang, mengingat password Gmail adalah hal yang sulit karena terdiri dari karakter unik. Lalu, bagaimana cara mengatasi lupa password Gmail? Simak tutorialnya dalam artikel di bawah ini.

Tutorial Cara Mengatasi Lupa Password Gmail dengan Mudah

Lupa password Gmail. Sumber: unsplash.com

Mengutip dari buku 101 Tip & Trik Gmail karya Jubilee Enterprise (2013:45), berikut ini adalah tutorial cara mengatasi lupa password Gmail dengan mudah yang bisa Anda ikuti.

1. Cara Memulihkan Akun Google saat Lupa Password

Masuk ke akun Google Anda di https://accounts.google.com.

Kemudian tulis alamat e-mail Anda.

Lalu pilih “Forgot Password/Lupa Kata Sandi”.

Setelah itu, Anda akan diminta menuliskan kata sandi terakhir akun Google Anda. Akan tetapi, jika benar-benar lupa, Anda dapat memilih “Coba Cari Lain”.

Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan e-mail pemulihan Anda.

Selanjutnya, cek kotak masuk e-mail pemulihan Anda untuk mendapatkan kode.

Anda akan diminta untuk mengatur ulang kata sandi Anda. Pilih sandi yang kuat yang belum pernah Anda gunakan pada akun tersebut.

Apabila Anda menyetel ulang kata sandi Anda akan logout di sebagian besar tempat yang menggunakan akun Google Anda dan harus masuk kembali menggunakan kata sandi baru Anda.

Masuk ke akun Google di https://accounts.google.com.

Klik “Lupa E-mail”.

Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon atau alamat e-mail pemulihan.

Selanjutnya Anda akan menerima kode verifikasi di kotak masuk e-mail pemulihan Anda.

Terakhir, Anda akan diarahkan pada daftar nama pengguna yang cocok dengan akun Anda dan pilih salah satu untuk melanjutkan masuk.

Nah, itu dia tutorial untuk mengatasi lupa password pada akun Google atau email Anda. Setelah menyimak tutorial di atas, kini Anda sudah tidak bingung lagi saat kelupaan password. Meski begitu, sebaiknya Anda mengingat password email Anda dengan baik, ya. (Anne)

Comments are closed.