Tumpukan Sampah Membusuk di Area Kantor Dinkes Manggarai

Tumpukan Sampah di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai. Foto : Engkos Pahing

RUTENG – Sebuah tong berisikan tumpukan sampah terletak di samping salah satu ruangan Kantor Dinas Kesehatan (Dineks) Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (6/7) siang.

Sampah tersebut diduga sudah menggunung sejak pertengahan pekan lalu.

Pantauan media ini, sampah yang menggunung di tong sampah tersebut merupakan bekas-bekas buangan pegawai di dinas tersebut.

Beberapa jenis sampah yang terlihat dalam tumpukan itu adalah sampah kertas dan plastik.

Namun dari berbagai jenis tumpukan itu, paling jorok adalah keberadaan sampah bekas bungkus makanan.

Bekas bungkus makanan itu nampak berserakan. Saat mendekat, tercium jelas bau menyengat yang timbul dari bakteri dan nasi basi.

Namun, berdasarkan pantauan media ini terlihat pegawai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai itu tampak beraktivitas normal. Keluar dan masuk kantor serta memarkir kendaraan dekat tumpukan sampah tersebut.

Pada hal, pada tumpukan sampah itu banyak kerumunan lalat yang hendak mencicipi bakteri dan kotoran. Bahkan lalat tersebut hinggap di atas kendaraan yang sedang di parkir.

Usai memantau lokasi, media hendak meminta tanggapan keberadaan sampah tersebut pada otoritas Dinkes Kabupaten Manggarai. Namun seorang pegawai yang sempat ditanya, menjawab Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes sedang sibuk.

“Tidak tau e, pak Plt lagi sibuk,” kata pegawai itu.

Comments are closed.