Tips Buat Tempat Bermain Anak di Rumah Kecil

Ilustrasi mainan bayi. Foto: Shutter Stock

Memiliki rumah yang tidak terlalu luas, membuat beberapa orang tua harus memutar otak bagaimana caranya membuat tempat bermain untuk anak. Ya Moms, Anda mungkin kesulitan saat mengatur ruang bermain anak, sementara mainan si kecil sudah menumpuk dan berserakan di setiap sudut rumah.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat tempat bermain anak di rumah yang kecil. Apalagi, Anda juga ingin memberikan ruangan yang sedikit luas agar anak bisa nyaman dan aman saat bermain.

Lantas, bagaimana sebenarnya membuat tempat bermain anak jika rumah Anda kecil? Jangan khawatir, berikut beberapa tipsnya untuk Anda.

5 Tips Buat Tempat Bermain Anak di Rumah Kecil

1. Masukan semua mainan ke dalam wadah

Tips membuat ruang bermain di rumah kecil. Foto: Shutter Stock

Jika rumah Anda kecil, sangat penting sekali untuk memasukkan semua mainan anak ke dalam wadah. Sebab, jika mainan tidak dimasukkan ke dalam wadahnya masing-masing, tempat bermain anak akan terlihat sangat berantakan.

Juga, akan banyak mainan yang letaknya tidak beraturan dan juga sulit dicari. Belum lagi, jika mainan berada di ruang tamu hingga dapur, sehingga akan membuat rumah kecil Anda jadi terlihat tidak rapi.

Kemudian, pilihlah wadah mainan anak yang memiliki penutup, jadi Anda bisa menumpuk wadahnya ke atas. Ini akan sangat praktis dan tidak memakan tempat.

Namun, jika Anda memiliki ruangan yang sedikit lega, bisa gunakan rak dan masukan wadah mainan ke dalamnya. Raknya juga bisa digunakan untuk menyimpan dan memajang buku-buku si kecil.

2. Pajang mainan di dinding

Tips membuat ruang bermain di rumah kecil. Foto: Shutter Stock

Jika memang Anda tidak memiliki ruangan lebih, coba pajang mainan anak Anda di dinding. Anda juga bisa memanfaatkan sudut rumah yang kosong, dan pasang ambalan atau rak untuk menyimpan sekaligus memajang mainan si kecil.

Jangan pasang ambalan terlalu tinggi, sesuaikan dengan tinggi anak Anda. Namun Anda juga bisa memasang beberapa ambalan ke atasnya, agar tempat penyimpanan mainan anak semakin banyak.

Konsep tempat bermain anak ini bisa mempercantik dekorasi rumah Anda, Moms. Jadi jangan lupa letakkan mainan anak Anda yang terlihat cantik untuk dipajang, seperti boneka, buku, mainan kecil, hingga karya seni si kecil.

3. Gantung mainan

Tips membuat ruang bermain di rumah kecil. Foto: Shutter Stock

Dengan menyimpan mainan di keranjang gantung atau wadah gantungan lainnya, bisa membuat tempat bermain si kecil menjadi lebih luas. Anda juga bisa menggantung mainan si kecil di balik pintu.

Jika Anda bingung bagaimana cara menggantung mainan anak, coba cari rak gantung sepatu atau tas di toko online. Nanti akan banyak pilihan rak gantung yang disesuaikan dengan keinginan Anda.

4. Gunakan barang multifungsi

Tips membuat ruang bermain di rumah kecil. Foto: Shutter Stock

Anda bisa membelikan mainan multifungsi kepada si kecil. Seperti meja serbaguna, yang memiliki beragam fitur seperti mainan piano, buku, papan tulis, kalkulator, dan semacamnya. Ada juga kursi yang memiliki lemari penyimpanan di dalamnya, jadi bisa Anda gunakan untuk menyimpan mainan si kecil. Selain menjadi lebih rapi, mainan juga tidak akan memakan banyak tempat di rumah mungil Anda. Anak juga menjadi lebih leluasa bermain.

5. Jangan keluarkan semua mainan

Tips membuat ruang bermain di rumah kecil. Foto: Shutter Stock

Saat ini, mainan apa yang anak Anda sukai? Ya, pasti ada beberapa mainan yang sangat si kecil gemari yang setiap hari ia mainkan. Jadi, keluarkan saja mainan yang anak Anda sukai. Sehingga, mainan yang sudah bosan si kecil mainkan, bisa Anda simpan di gudang.

Dengan mengaturnya begini, ruangan bermain si kecil jadi lebih luas dan rapi. Tidak akan ada cerita mainan yang berserakan di setiap sudut rumah, Moms.

Comments are closed.