Throwback: Kala Spanyol Bikin Italia Babak Belur di Final Euro 2012

Final Euro 2012 Spanyol vs Italia Foto: Getty Images

Italia akan berhadapan dengan Spanyol di babak semifinal Euro 2020. Kedua tim akan bertarung di Wembley Stadium, London, Inggris, Rabu (7/7) dini hari WIB.

Kedua tim sudah sering bertemu. Salah satu yang diingat tentu ketika kedua kesebelasan bertanding di final Euro 2012. Kala itu, laga final dihelat di Olympic Stadium, Kyiv, Ukraina.

Spanyol datang ke final dengan status juara bertahan di edisi sebelumnya. Mereka juga melaju ke partai puncak usai melewati dua tim tangguh, yakni Prancis dan Portugal, di fase knock-out.

Italia juga bukan lawan yang bisa dianggap remeh kala itu. Pada babak semifinal, Gli Azzurri menumbangkan Jerman dengan skor 2-1. Sebelumnya, Italia menumpaskan Inggris di babak perempat final lewat adu penalti.

Final Euro 2012 Spanyol vs Italia Foto: Getty Images

Pada Euro 2012, Italia dan Spanyol sebelumnya juga bertemu di babak grup. Kala itu, dalam laga yang digelar di PGA Arena, Gdansk; keduanya bermain imbang 1-1. Kemudian, mereka kembali bertanding di final.

Kedua tim turun dengan kekuatan terbaiknya di final. Italia memainkan Mario Balotelli di lini serang berduet dengan Antonio Cassano. Balotelli merupakan pahlawan Italia dengan dua golnya saat menumbangkan Jerman di semifinal.

Pola yang agak aneh ditampilkan oleh Spanyol. Vicente del Bosque selaku pelatih memainkan Cesc Fabregas sebagai false nine. Fabregas dibantu oleh David Silva dan Andres Iniesta di lini depan.

Pola yang diterapkan Spanyol nyatanya membuahkan hasil. Pergerakan bebas Fabregas membuat lini belakang Italia kebingungan.

Alhasil, ruang-ruang kosong berhasil tercipta. Berawal dari pergerakan Fabregas di sisi tepi, bola dikirim ke tengah kotak penalti. David Silva yang tak terkawal berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang. 1-0.

Final Euro 2012 Spanyol vs Italia Foto: Getty Images

Jelang turun minum, Spanyol menambah keunggulan. Alba yang datang dari belakang menerima sodoran umpan Xavi Hernandez. Dengan tenang, ia menaklukkan Gianluigi Buffon dari jarak dekat. Skor 2-0 menjadi akhir babak pertama.

Pada babak kedua, Italia tak bisa memberikan tekanan ke pertahanan Spanyol. Malah, dua gol kembali bersarang ke gawangnya.

Adalah dua pemain pengganti, yakni Fernando Torres dan Juan Mata, yang masing-masing mencetak gol di menit ke-84 dan 88. Spanyol pun menang 4-0 dan berhasil mempertahankan gelar Euro.

Pencapaian itu menjadikan Spanyol menjadi negara pertama yang berhasil juara back to back Euro. Itu juga membuat Spanyol sudah merengkuh tiga gelar Euro sepanjang sejarah. Terbanyak bersama Jerman.

***

Comments are closed.