The Jakmania soal Marc Klok ke Persib: Enggak Ada Urusan

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, saat melawan Borneo FC. Foto: dok. Persija

Kepindahan Marc Klok dari Persija ke Persib Bandung mendapat sorotan. Selain memilih bergabung dengan tim rival, keputusan ini juga diwarnai isu seputar masalah nilai kontrak Klok di Persija.

Sekretaris Umum The Jakmania, Rajiva Baskoro, beranggapan Klok ‘tutup mata’ dengan situasi saat ini. Persija juga sebenarnya tidak melanggar aturan terkait gaji yang tidak dibayar penuh.

Sebelumnya, PSSI sempat mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait dengan penundaan kompetisi tahun 2020. Dalam SK bernomor SKEP/69/XI/2020 itu, PSSI menetapkan gaji pemain, pelatih, dan ofisial dibayar maksimal sebesar 25 persen mulai Oktober sampai dengan Desember 2020. Hingga akhirnya Liga 1 2020 diputuskan untuk dihentikan pada Januari 2021.

”Kondisi pandemi lagi luar biasa, dan dia bukannya dari awal nolak aturan ini. Yang bantu dia jadi WNI juga Persija. Yang kami sayangkan, ya, itu saja. Kok kayak enggak ngerti situasi, dia cuma peduli sama (personal) branding yang dia bangun saja,” kata Rajiva kepada kumparan, Kamis (1/7).

”Ini ‘kan kayak ngulang yang dia dulu pernah lakukan di klub sebelumnya, di PSM. Di sana, dia ‘kan masih ada kontrak 4 tahun sebelum mundur,”tambahnya.

Para suporter Persija bersorak untuk tim yang didukungnya. Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Rajiva pun enggan memusingkan dengan pelabuhan baru Klok ke Persib. Menurutnya, hal itu bukan menjadi utusan Jakmania.

”Klok pindah ke mana pun itu enggak ada urusannya sama Jakmania. Bisa jadi Persib mampu memenuhi permintaan Klok, atau faktor Rene Alberts juga yang dekat dengan dia. Atau, mungkin, Klok sengaja nyari antitesis, karena ngerasa enggak didukung Jakmania, dia gabung rival,” terang Rajiva.

”Yang jelas, apa pun itu semoga sukses, dan semoga kejadian yang sudah-sudah enggak terjadi lagi di klub barunya,” pungkasnya.

Comments are closed.