The Jakmania Klaim Marc Klok Sengaja ‘Jebak’ Persija

Marc Klok saat resmi diperkenalkan sebagai bagian dari Persija Jakarta. Foto: dok. Persija Jakarta

Marc Klok sudah memutuskan hengkang dari Persija dan bergabung dengan Persib Bandung. Pihak The Jakmania mengeklaim Klok sengaja ‘menjebak’ tim ‘Macan Kemayoran terkait dengan pembayaran gaji.

Sebelumnya, PSSI sempat mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait dengan penundaan kompetisi tahun 2020. Dalam SK bernomor SKEP/69/XI/2020 itu, PSSI menetapkan gaji pemain, pelatih, dan ofisial dibayar maksimal sebesar 25 persen mulai Oktober sampai dengan Desember 2020

”Yang jadi masalah ini ‘kan sebenarnya lebih ke caranya Klok. Pas pandemi, liga enggak jalan, banyak klub yang pusing buat bayar gaji pemain karena enggak ada pemasukan. Makanya, klub-klub bisa gaji pemain maksimal 25 persen dari nilai kontrak normal. Karena kondisinya ‘kan memang di luar prediksi kita semua. Klok selama main, berarti ‘kan dia terima opsi ini,” kata Sekretaris Umum The Jakmania, Rajiva Baskoro, kepada kumparan, Kamis (1/7).

Koreo suporter Persija, The Jakmania. Foto: Dok. Persija

”Tahun lalu juga ada adendum dari PSSI kalau enggak salah, kalau liga jalan tanpa penonton klub boleh gaji pemain 50% dari kontrak, kalau ada penonton mungkin bisa full 100%. Walaupun enggak ada kekuatan dari federasi yang benar-benar mengatur regulasi ini buat jadi dasar pijakan untuk klub,” tambahnya.

Rajiva menilai Klok sengaja ‘menjebak’ Persija. Pasalnya, Klok dikabarkan tiba-tiba meminta sisa gaji penuh tahun lalu jelang musim kompetisi Liga 1 2021/22 bergulir.

”Nah, Klok ini sudah mau jalan liga, tiba-tiba minta sisa 75% gaji yang dipotong tahun kemarin dan tahun ini buat dibayar. Ini kan kayak menjebak, kita (Persija) enggak dikasih opsi lain, selain nurut apa yang dia mau. Karena pasti sulit nyari pengganti di waktu mepet,” tandasnya.

Tendangan Marc Klok pada laga Persija Jakarta vs Bhayangkara FC. Foto: Dok. Persija

Performa Klok bersama Persija cukup mumpuni. Ia sukses membawa ‘Macan Kemayoran’ menjadi kampiun Piala Menpora 2021 plus menjadi pemain terbaik di turnamen pramusim tersebut.

***

Comments are closed.