Tes Buta Warna Online, Bisa Gunakan Situs Ini

Ilustrasi mata. Foto: Pixabay

Tes buta warna online bisa dilakukan hanya dengan membuka website yang kami rekomendasikan di artikel ini.

Beberapa institusi pendidikan mewajibkan calon mahasiswanya bebas buta warna, salah satunya fakultas teknik. Hal itu dikarenakan buta warna bisa menyebabkan kecelakaan kerja di beberapa bidang pekerjaan.

Mengutip dari colormax.org, faktanya satu dari 12 pria dan satu dari 200 wanita mengalami buta warna. Buta warna merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk membedakan warna tertentu atau seluruh warna.

Melalui latihan tes buta warna online, kamu bisa menghemat biaya dan tidak perlu berkunjung ke klinik atau rumah sakit untuk memastikannya.

Tes Buta Warna Online Resmi

Jika kamu ingin melakukan tes buta warna online beserta jawabannya, maka bisa mengunjungi rekomendasi situs di bawah ini:

1. Colormax.org

Tes buta warna online di website colormax.org. Foto: Tangkapan layar website colormax.org

Saat mengunjungi situs tes buta warna ini, kamu akan melihat banyak gambar untuk tes buta warna.

Nantinya, kamu hanya cukup menebak berapa angka yang tersembunyi di balik gambar. Kemudian, ketik di kotak yang ada di bawah gambar dan tekan ‘Enter’.

Lalu, lihat apakah tebakan kamu benar atau tidak. Jika semua jawaban yang kamu masukkan benar, maka bisa dipastikan kamu tidak mengalami buta warna.

2. Online Color Blind Test

Tes buta warna online di website Online Color Blind Test. Foto: Tangkapan layar website Online Color Blind Test

Online Color Blind Test ditujukan bagi kamu yang ingin mengetahui apakah buta terhadap warna hijau dan merah. Saat kamu membuka website Online Color Blind Test, maka klik ‘Start’.

Setalah itu, kamu akan menerima soal tes buta warna online yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 21 soal. Kerjakan semua tes tersebut hingga selesai. Kemudian, kamu akan melihat hasilnya.

3. EyeQue

Tes buta warna online di website EyeQue. Foto: Tangkapan layar website EyeQue

Cara tes buta warna online selanjutnya adalah melalui EyeQue. Situs ini akan menampilkan gambar dengan titik-titik warna. Lalu, kamu diharuskan untuk menebak angka yang tersembunyi di balik gambar.

Jika kamu bisa menebak angka berapa yang tersembunyi, berarti kamu tidak buta warna.

4. EnChroma

Tes buta warna online di website EnChroma. Foto: Tangkapan layar website EnChroma

Tes buta warna pada situs EnChroma dibuat untuk menentukan jenis dan tingkat buta warna seseorang. EnChroma merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Jika kamu melakukan tes buta warna di EnChroma, maka akan melihat gambar dengan beragam warna. Kemudian, kamu harus menebak angka yang tersembunyi.

Tes buta warna di EnChroma disesuaikan dengan metode tes “hidden digit” yang dikombinasikan algoritma adaptif komputer untuk mengukur jenis dan tingkat buta warna.

EnChroma menyediakan tes buta warna untuk dewasa, anak-anak berusia 10 tahun ke atas, dan anak-anak berusia 5 tahun ke atas.

Sekarang kamu bisa melakukan tes buta warna online dengan rekomendasi situs di atas. Buta warna seringkali terjadi pada pria, namun tidak menutup kemungkinan beberapa wanita juga mengalaminya.

(NSF)

Comments are closed.