Terungkap Foto yang Disebut Jadi Inspirasi Tampilan Patung Putri Diana

Pangeran William dan Pangeran Harry usai meresmikan patung Putri Diana di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Inggris. Foto: Dominic Lipinski/Pool/REUTERS

Patung Putri Diana baru saja diresmikan di Taman Sunken, Istana Kensington pada Kamis (1/7). Kedua anaknya, Pangeran William dan Pangeran Harry tampil bersama memperlihatkan patung tersebut kepada publik untuk pertama kalinya.

Patung Putri Diana itu berdiri di pusat taman bersama tiga anak kecil. Ia tampak mengenakan atasan berkerah dan rok pensil dengan tambahan belt besar di pinggang. Menurut Istana Kensington, gaya busana ini mengambil referensi dari masa-masa terakhir dalam hidup sang putri.

Busana yang mirip dengan busana di kartu Natal 1993

Namun, lebih spesifik lagi, tampilan gaya Diana di patung tersebut kabarnya terinspirasi dari foto tahun 1993 pada kartu Natal pertama yang dirilis sang putri setelah bercerai dengan Pangeran Charles. Dalam kartu itu, Putri Diana mengenakan baju serupa seperti di patung. Ia mengenakan kemeja berkerah warna biru muda dengan aksen lipit di dada, rok pensil model high-waist warna hitam, dan belt besar.

Di foto tersebut, Diana berpose dengan William dan Harry yang masih kecil. Pada masa itu, kartu Natal ini cukup bersejarah karena menandai pertama kalinya Putri Diana dan Pangeran Charles mengirimkan kartu Natal masing-masing setelah berpisah pada 1992.

Pihak Istana Kensington juga menjelaskan kalau patung itu dibuat berdasarkan penampilan Diana di masa-masa terakhir dalam hidupnya. Kala itu ia sangat percaya diri menjalani perannya sebagai duta besar untuk kemanusiaan, serta berusaha menunjukkan pada dunia soal karakter dan sifatnya yang penyayang.

Terungkap Foto yang Disebut Jadi Inspirasi Tampilan Patung Putri Diana. Foto: dok. Instagram

Menurut Daily Mail, meski sudah tidak menjadi istri Pangeran Charles, Putri Diana masih berpegang teguh pada peraturan kerajaan, terutama dalam berbusana. Ia tidak akan memilih busana yang terbuat dari bahan mudah kusut. Tapi juga berusaha mengenakan apa pun yang dia inginkan untuk menekankan kemandirian dan kepercayaan diri yang baru pasca cerai dengan Charles.

Putri Diana mengenakan busana lebih santai saat melakukan kunjungan ke kota Tuzla, Bosnia. Foto: Ian Waldie/Reuters

Dulu, Diana lebih sering tampil mengenakan gaun dengan struktur tegas dan begitu formal. Namun setelah tidak lagi menjadi anggota kerajaan, Princess of Wales tampak lebih santai mengenakan busana yang tidak terlalu formal tapi masih rapi dan sopan. Ia memilih model busana seperti rok pensil, rok lipit, kemeja, dan bahkan ia juga memadukan celana dan blazer, hingga memakai jeans.

Comments are closed.