Tema Hari Perawat Internasional 2022 dan Sejarahnya

Tema Hari Perawat Internasional 2022, Foto: Unsplash.

Secara global, tanggal 12 Mei diperingati sebagai hari Perawat Internasional. Selain itu juga, setiap negara memiliki perayaan hari perawat nasional masing-masing. Sebuah hari yang didedikasikan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada perawat atas jasa-jasanya dalam dunia kesehatan. Di tahun 2022 ini, tema Hari Perawat Internasional diambil dari situasi pandemi yang tengah terjadi yaitu Covid-19.

Tema Hari Perawat Intenasional diambil dari merebaknya kasus Covid-19 yang ada diseluruh dunia dan membuat kekacauan hampir di seluruh bagian dunia. Sebagaimana kita ketahui, seorang perawat memiliki peran yang tak kalah penting dari dokter. Perawat selalu ada untuk merawat pasiennya, apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini.

Tema Hari Perawat Internasional

Tema Hari Perawat Internasional 2022, Foto: Unsplash.

Dilansir dari laman yai.ac.id, ICN menetapkan Hari Perawat Internasional 2022 dengan tema “Nurses: A Voice to Lead – Invest in Nursing and respect rights to secure global health‘, artinya Perawat: Suara untuk Memimpin – Berinvestasi dalam Keperawatan dan hormati hak untuk mengamankan kesehatan global.

Tema Hari Perawat Internasional 2022 ini berfokus pada masyarakat untuk melindungi, mendukung, dan berinvestasi dalam profesi keperawatan demi memperkuat sistem kesehatan di seluruh dunia. Adanya pandemi Covid-19 yang merebak ke seluruh dunia telah memberikan gambaran mengenai lemahnya dunia. Hal ini disebabkan karena kurangnya investasi dalam sistem kesehatan di seluruh dunia. Ini yang menyebabkan ICN menetapkan tema untuk Hari Perawat Internasional tahun 2022 dengan menekankan perlunya berinvestasi dalam keperawatan.

Sejarah Hari Perawat Internasional 2022, Foto: Unsplash.

Hari Perawat Internasional dibuat oleh The International Council of Nurses (ICN) sejak 12 Mei 1965, pada tanggal tersebut juga diperingati kelahiran Florence Nightingale pendiri perawatan modern. Florence Nightingale sangat berjasa terutama saat perang Krimea di tahun 1850-an. Selama perang Krimea ia menjadi pemimpin para perawat dan memberlakukan standar perawatan ketat dan memastikan bangsal tetap bersih. Selain itu Nightingale juga memastikan persedian makanan dan obat-obatan tercukupi. Pada tahun 1860, Florence Nightingale mendirikan sekolah perawat di St Thomas’ Hospital di London.

Sekolah inilah yang menjadi sekolah perawat sekuler pertama di dunia dan kini menjadi bagian dari King’s College London. Untuk melanjutkan prestasinya dalam dunia keperawatan, diadakan penghargaan Nightingale Pledge untuk para perawat baru. Dan Florence Nightingale Medal untuk penghargaan perawat tertinggi internasional. Perayaan Hari Perawat Internasional tiap tahunnya memiliki tema yang berbeda, di tahun 2022 ini diambil tema ‘Nurses: A Voice to Lead – Invest in Nursing and respect rights to secure global health‘.

Demikianlah tema Hari Perawat Internasiona pada tahun 2022. Tema ini diambil dari situasi yang terjadi pada saat ini karena dalam keadaan pandemi Covid-19. Tema ini lebih menekankan perlunya berinvestasi dalam keperawatan. kita tahu saat ini pandemi belum juga berakhir, mari saling menjaga satu sama lain agar penyebaran virus cepat selesai.

Comments are closed.