Tarik Kunjungan Wisman, Dispar Akan Gelar Sejumlah Event Awal Juni 2022

Event Bintan Marathon. Foto: Istimewa

Sektor pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau kini mulai tampak kembali bergairah. Terlebih setelah dibukanya akses Wisatawan Mancanegara (Wisman) khususnya asal Singapura dan Malaysia.

Hal ini juga diakui oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar. Menurutnya, geliat wisata ini sudah terlihat dari meningkatnya kunjungan Wisman ke Kepri. Selain itu juga, berdasarkan data terbaru dari BPS Kepri, kunjungan wisman di bulan Maret 2022 lalu mengalami peningkatan hingga 200 persen.

“Harapannya ini menjadi semangat pemulihan di sektor pariwisata yang hampir 2 tahun terakhir terpuruk akibat pandemi COVID-19,” kata Buralimar.

Ia menambahkan, untuk mengget kunjungan wisman ke Kepri, asosiasi dan pengelola wisata pun sudah mulai menyiapkan berbagai event untuk digelar.

Sebagaimana diketahui, terdapat 239 event pariwisata di Kepri yang direncanakan digelar tahun 2022 ini. Beberapa event sudah dilaksanakan selama 4 bulan yang lewat.

Dari jumlah event tersebut, beberapa diantaranya bahkan bertaraf internasional seperti Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Ironman, hingga Metaman yang juga merupakan event tahunan di Kabupaten Bintan.

“Untuk pelaksanaan eventnya diserahkan kepada asosiasi dan pengelola destinasi,” bebernya.

Dengan upaya-upaya ini, Buralimar berharap kunjungan wisman ke Kepri dapat kembali normal seperti sebelum pandemi COVID-19.

Terpisah, Kabid Pemasaran Dispar Kepri, Afitri Susanti, juga mengungkapkan bahwa Dispar saat ini tengah menyiapkan sejumlah event wisata tahun ini. Beberapa di antaranya akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Di awal Juni akan ada sejumlah event. Mudah-mudahan dapat terlaksana dan berjalan lancar,” kata Afitri.

Ia pun berharap dengan digelarnya event-event tersebut khususnya sekelas internasional dapat memberikan dampak terhadap kunjungan wisman ke Kepri. Dengan itu, diharapkan juga menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat.

Untuk diketahui, berdasarkan data BPS Kepri, tercatat 1.363 kunjungan wisman ke Kepri pada Maret 2022. Jika dibandingkan dengan Februari 2022, jumlah ini naik 274,45 persen. Begitupun jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu di periode yang sama mengalami kenaikan sebesar 218,46 persen.

Dalam data yang dirilis BPS Kepri itu, diketahui kunjungan wisman yang meningkat tersebut berasal dari 3 pintu masuk utama, yakni Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kota Tanjungpinang.

Secara kumulatif, sejak Januari hingga Maret 2022 kunjungan ke Kepri mencapai angka 2.055 kunjungan. Di mana angka ini naik 138.40 persen jika dibandingkan 2021 lalu.

Comments are closed.