Taati PPKM Darurat, Taman Wisata Alam Kawah Ijen Ditutup hingga 20 Juli 2021

Geopark Kawah Ijen, Banyuwangi Foto: Shutter stock

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ditutup mulai tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang. Kebijakan ini menyusul ledakan kasus COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso yang menjadikan dua daerah tersebut sebagai zona merah.

“Ini bentuk dukungan kita atas diberlakukannya PPKM Darurat untuk memutus mata rantai COVID-19. Apalagi, saat ini Banyuwangi dan Bondowoso yang menjadi pintu masuk TWA Ijen berstatus zona merah,” kata Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah V Banyuwangi, Purwantono, Jumat (2/7).

Pernyataan tersebut juga tertuang dalam surat edaran yang dibuat oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ditutup mulai tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang. Foto: Dok. Balai Besar KSDA Jatim

Purwantono menambahkan, penutupan TWA Kawah Ijen hanya diperuntukkan bagi kunjungan wisata. Sementara aktivitas penambangan belerang di dasar kawah masih diperbolehkan.

“Kunjungan wisata yang dilarang. Untuk penambang belerang masih diperbolehkan, karena itu mata pencaharian mereka,” imbuhnya.

Berdasarkan data COVID-19 Jawa Timur, per hari ini terdapat 59 kasus baru dan tiga pasien meninggal di Banyuwangi.

Total sudah ada 7.535 orang yang terpapar virus corona, 489 kasus aktif dan 733 orang meninggal sejak pandemi.

Sementara di Kabupaten Bondowoso, hari ini terdapat penambahan 32 kasus dan 8 orang meninggal dunia. Total, sejak pandemi COVID-19 sudah ada 2.959 kasus, 229 kasus aktif, dan 219 pasien meninggal dunia.

==

Comments are closed.