Swiss vs Spanyol: Diwarnai Kartu Merah, La Furia Roja Menang Lewat Adu Penalti

Selebrasi pemain Spanyol setelah pemain Swiss Denis Zakaria mencetak gol bunuh diri pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Anton Vaganov/Reuters

Spanyol berhasil melaju ke semifinal Euro 2020 usai menaklukkan Swiss di babak 8 besar, Jumat (2/7) malam WIB. Duel di Stadion Krestovsky, St. Petersburg, Rusia, berakhir dengan imbang 1-1 (1-3). Kemenangan La Furia Roja di dapat dari adu penalti.

Gol Bunuh diri Denis Zakaria membuka keunggulan Spanyol di menit ke-8. Sementara Swiss baru menyamakan kedudukan di menit 68′ melalui Xherdan Shaqiri.

Kartu merah Remo Freuler di menit ke-77 mewarnai laga tersebut. Spanyol berhak melaju ke semifinal Euro 2020 berkat kemenangan 1-3 di babak adu penalti.

Starting Line Up Swiss vs Spanyol

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Denis Zakaria, Remo Freuler, Steven Zuber; Xherdan Shaqiri; Breel Embolo, Haris Seferovic.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Alvaro Morata, Pablo Sarabia.

Jalannya Pertandingan Swiss vs Spanyol

Spanyol memegang kendali permainan sepanjang lima menit pertama. Serangan coba dibangun dari berbagai lini, namun pertahanan Swiss masih kokoh.

Alba berhasil membuka keunggulan La Furia Roja di menit 8′ usai memanfaatkan umpan Koke dari sepak pojok. Zakaria yang coba menyelamatkan tendangan justru mengubah arah bola dan masuk ke gawang sendiri.

Kiper Swiss Yann Sommer saat Denis Zakaria mencetak gol bunuh diri saat melawan Spanyol pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Anton Vaganov/Reuters

Gol tersebut diputuskan sebagai gol bunuh diri.

Swiss sendiri kesulitan untuk keluar dari tekanan Spanyol. Shaqiri cs coba menyamakan kedudukan lewat skema serangan balik, namun belum ada yang berhasil.

Menit ke-21, Swiss memiliki peluang emas ketika Shaqiri mengirim umpan terobosan dari sayap kiri. Sayangnya, Seferovic terlambat mengejar bola dan tak mampu menjangkau.

Spanyol lebih mendominasi pada babak pertama dengan unggul 71% dalam penguasaan bola. Meski begitu, mereka kesulitan dalam penyelesaian akhir.

Spanyol hanya melepas tiga tembakan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang dan satu yang berakhir gol. Sementara Swiss mencatat empat tembakan dan tak satu pun mengancam gawang.

Keunggulan Spanyol bertahan hingga turun minum.

Spanyol tak mengendurkan serangan saat di babak kedua. Menit ke-47, Olmo melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Sepakannya masih bisa diselamatkan Sommer.

Pemain Swiss Silvan Widmer berebut bola dengan pemain Spanyol Pablo Sarabia pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Dmitri Lovetsky/Reuters

Zakaria memiliki peluang untuk menebus kesalahannya di babak pertama. Pada menit 55, sundulannya usai memanfaatkan sepak pojok masih melebar jauh dari gawang Simon.

Beberapa menit berselang, giliran Spanyol yang menciptakan peluang. Koke menerima umpan lambung dengan dadanya, tetapi sepakannya kemudian masih membentur pemain Swiss.

Swiss mulai berani membangun serangan. Pada menit ke-63, Vargas menyisir sisi kanan pertahanan Spanyol. Sayang, Zuber tak mampu memanfaatkan umpan Vargas dengan baik.

Kebuntuan Swiss akhirnya terpecahkan. Freuler memanfaatkan kesalahan Pau Torres dan Laporte untuk kemudian memberi bola ke Shaqiri. Pemain Liverpool itu berhasil membobol gawang Simon dengan mudah.

Kedudukan imbang di menit ke-68.

Pemain Swiss Xherdan Shaqiri berebut bola dengan pemain Spanyol Sergio Busquets pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Maxim Shemetov/Reuters

Petaka datang menghampiri Swiss di menit ke-77. Freuler yang baru saja menjadi pahlawan penyama kedudukan harus diusir dari lapangan karena tekel dua kaki kepada Gerard Moreno.

Memanfaatkan kurangnya pemain Swiss, Spanyol kini melancarkan gempuran untuk mencari gol kemenangan. Kemelut terjadi di menit 83′, namun sepakan Moreno masih lemah.

Swiss mampu bertahan dari serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Spanyol. Hingga babak kedua berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta. Pertandingan berlanjut ke extra time.

Dua menit memasuki babak extra time, Spanyol mendapatkan peluang emas lewat umpan tarik Alba. Akan tetapi, Moreno yang menyambar bola gagal menyarangkan ke gawang Sommer.

Menit ke-97, Alba lagi-lagi membuat peluang untuk Spanyol. Sambaran Marcos Llorente dengan backheel-nya masih bisa diselamatkan oleh Sommer.

Penjaga gawang Swiss Yann Sommer saat pertandingan melawan Spanyol pada lanjutan UEFA Nations League di stadion St. Jakob-Park, Basel. Foto: Fabrice COFFRINI / AFP

Lima menit berselang, Sommer kembali menunjukkan ketangguhannya sebagai tembok terakhir Swiss. Ia berhasil menyelamatkan sepakan keras Mikel Oyarzabal.

Sommer terus menjadi momok bagi lini depan Spanyol. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga babak kedua extra time berakhir. Pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Hasil Adu Penalti Swiss vs Spanyol di Euro 2020

Sergio Busquets (Spanyol) – gagal gol, membentur tiang

Mario Gavranovic (Swiss) – gol

Dani Olmo (Spanyol) – gol

Fabian Schar (Swiss) – gagal gol, ditepis Unai Simon

Rodri (Spanyol) – gagal gol, ditepis Yann Sommer

Manuel Akanji (Swiss) – gagal gol, ditepis Unai Simon

Gerard Moreno (Spanyol) – gol

Ruben Vargas (Swiss) gagal gol, melambung

Mikel Oyarzabal (Spanyol) – gol

****

Comments are closed.