Suzuki SX4 S-Cross, SUV Kompak Berkabin Lapang dan Kaya Fitur yang Terlupakan

Suzuki SX4 S-Cross Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Tren mobil SUV Kompak kini terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya dari segi peminat, tapi juga dari segi pemainnya.

Saat ini, setidaknya ada 8 mobil dari berbagai merek yang mengisi segmen SUV kompak bermesin di bawah 1.500cc, seperti Honda HR-V, Hyundai Creta, Mazda CX-3, MG ZS, Kia Seltos, Nissan Kicks, Peugeot 2008, hingga Suzuki SX4 S-Cross.

Sayangnya untuk nama terakhir, yakni Suzuki SX4 S-Cross, kini eksistensinya justru semakin meredup seiring hadirnya berbagai pendatang baru yang menawarkan ragam fitur berlimpah serta tampilan kekinian.

Ini tentu sangat disayangkan, mengingat SX4 S-Cross merupakan salah satu pemain lama di segmen SUV kompak yang sudah eksis sejak 2006.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, pada 2021 lalu Suzuki SX4 S-Cross hanya mampu mencatatkan distribusi sebanyak 247 unit. Ini lebih kecil bila dibandingkan Honda HR-V yang mampu terdistribusi hingga 15.721 unit.

Suzuki SX4 S-Cross Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Punya kabin lapang

Sepinya peminat Suzuki SX4 S-Cross ini memang cukup disayangkan. Sebab bila melihat data spesifikasi, Suzuki SX4 S-Cross sebenarnya memiliki modal yang sangat baik.

Dari segi dimensi, Suzuki S-Cross memang terlihat punya dimensi yang kompak. Akan tetapi, apabila kita melongok ke bagian dalam mobil ini, kelapangan kabin yang ditawarkan jelas patut diacungi jempol.

Dengan kabin yang lapang, maka akan membuat penumpang di bagian dalam menjadi lebih nyaman.Berikut dimensi Suzuki SX4 S-Cross.

Panjang: 4.300 mm

Lebar: 1.785 mm

Tinggi: 1.595 mm

Jarak Sumbu Roda: 2.600 mm

Ground Clearance: 185 mm

Radius Putar: 5,5 m.

Suzuki SX4 S-Cross Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Fitur berlimpah di bagian dalam

Tidak hanya bermodal dimensi yang lapang, Suzuki SX4 S-Cross juga memiliki ragam fitur yang cukup berlimpah. Pada sisi eksterior misalnya, Suzuki SX4 S-Cross sudah disematkan berbagai fitur unggulan, khususnya berkaitan lampu-lampu.

Berikut detail eksterior Suzuki SX4 S-Cross.

Lampu depan LED Projector

Auto Leveling Lamp

Lampu Kabut

Lampu belakang LED

High Mount Stop Lamp

Electric Mirror dan Auto Foldable Mirror with Turn Signal

Velg Alloy 16-inci Two Tone

Roof Rail.

Suzuki SX4 S-Cross Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Selain eksterior, beragam fitur juga turut terbenam pada bagian dalam Suzuki SX4 S-Cross. Baik itu fitur hiburan maupun kenyamanan. Berikut lengkapnya.

Pengaturan setir tilt dan teleskopik

Layar instrumen MID

Pengaturan AC digital Auto

Head unit layar sentuh berukuran 7-inci dengan konektivitas smartphone

Speaker 6-titik

Pengaturan audio pada setir dengan koneksi bluetooth

Paddle shift

Cruise control

Keyless entry

Engine start stop button

Arm rest pada baris pertama dan kedua

Pelipatan jok 60:40 pada baris kedua.

Fitur keselamatan masih terbatas

Berikutnya dalam hal fitur keselamatan, tak dipungkiri Suzuki S-Cross memang tertinggal dibanding rival-rivalnya yang kini sudah memiliki fitur keselamatan aktif seperti Honda HR-V atau Hyundai Creta.

Kendati demikian, Suzuki SX4 S-Cross sudah cukup memiliki fitur keselamatan pasif yang jadi fitur keselamatan utama dari setiap mobil. Berikut lengkapnya.

Dual SRS Airbags

ABS

EBD

ISOFIX

Sensor parkir

Auto Rain Sensor.

Suzuki SX4 S-Cross Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Mesin mumpuni

Untuk urusan jantung pacu, Suzuki SX4 S-Cross bisa dibilang memiliki mesin yang cukup mumpuni. Pada balik kap mesinnya, bersemayam mesin bensin berkode M15A dengan spesifikasi 4-silinder segaris DOHC 16-katup VVT Naturally Aspirated berkubikasi 1.491 cc.

Di atas kertas, mesin itu diklaim mampu memuntahkan tenaga 107 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga dan torsi itu disalurkan ke 2 roda depan melalui transmisi otomatik 6-percepatan.

Harga kompetitif

Hal terakhir yang menjadi daya tarik dari Suzuki SX4 S-Cross tentu menyoal harga jualnya. Bila dibandingkan rival-rivalnya, Suzuki SX4 S-Cross bisa dibilang menjadi salah satu SUV kompak yang punya harga cukup kompetitif.

Ditawarkan dalam 1 pilihan varian bertransmisi otomatik, saat ini Suzuki SX4 S-Cross dibanderol Rp 340,4 juta. Harga itu belum termasuk dengan potongan harga yang diberikan para tenaga penjual yang bisa mencapai puluhan juta.

***

Comments are closed.