Survei Voxpol Center: Prabowo Menang di 3 dari 6 Simulasi Pilpres 2024

Prabowo Subianto. Foto: Adek Berry/AFP

Voxpol Center mengeluarkan hasil survei terhadap kondisi politik nasional. Salah satu yang disoroti dalam survei ini adalah kandidat paslon yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

Voxpol Center melakukan simulasi paslon. Ada 6 simulasi yang ditampilkan oleh Voxpol Center.

Simulasi yang pertama adalah jika Pilpres 2024 diikuti paslon Prabowo-Puan, Anies-AHY, dan Ridwan Kamil-Sandiaga. Hasilnya, Prabowo-Puan memperoleh elektabilitas 26,5 persen. Sementara Anies-AHY 24,2 persen dan Ridwan Kamil-Sandiaga 21,8 persen.

Simulasi kedua adalah jika Pilpres 2024 diikuti paslon Ganjar-Erick Thohir, Puan-Anies, dan AHY-Cak Imin. Lewat simulasi ini, Ganjar-Erick Thohir memperoleh elektabilitas sebesar 32,6 persen, sementara Puan-Anies sebesar 24,8 persen, dan AHY-Cak Imin 10,8 persen.

Prabowo Subianto dan Puan Maharani. Foto: Iqbal Firdaus dan Jamal Ramadhan/kumparan

Simulasi ketiga adalah jika Pilpres 2024 diikuti paslon AHY-Ridwan Kamil, Puan-Anies, dan Airlangga-Sandi. Hasilnya, AHY-Ridwan Kamil memperoleh elektabilitas 22,9 persen, Puan-Anies 21,2 persen, dan Airlangga-Sandi 20,8 persen.

Sementara pada simulasi keempat adalah jika Pilpres 2024 diikuti Prabowo-Sandi, Anies-AHY, dan Ganjar-Airlangga. Hasilnya Prabowo-Sandi memperoleh 34 persen, Anies-AHY 23,7 persen, dan Ganjar-Airlangga 19 persen.

Simulasi kelima adalah jika Pilpres 2024 diikuti Ganjar-Anies, AHY-Sandiaga, dan Ridwan Kamil-Airlangga. Hasilnya Ganjar-Anies berada di urutan pertama dengan 41,4 persen, kemudian diikuti AHY-Sandi dengan 24,4 persen, dan Ridwan Kamil-Airlangga dengan 11,3 persen.

Pada simulasi terakhir, disajikan paslon Prabowo-Anies, Ganjar-Ridwan Kamil, dan AHY-Khofifah. Hasilnya Prabowo-Anies berada di urutan pertama dengan 38,8 persen, Ganjar-Ridwan Kamil 29,8 persen, dan AHY-Khofifah 6,1 persen.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri pelantikan wakil Gubernur DKI Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL

Berdasarkan simulasi itu, Peneliti Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menyimpulkan bahwa Prabowo masih diunggulkan untuk maju sebagai capres terlepas siapa pun yang dipasangkan dengannya.

“Prabowo Subianto (23,0 persen), Ganjar Pranowo (22.7 persen), dan Anies Baswedan (19,8 persen) masih unggul bila dibandingkan dengan kandidat yang lain,” kata Pangi dalam keterangannya, Sabtu (3/7).

Meski demikian, hanya ada dua kandidat yang relatif kuat dalam simulasi tersebut. Yaitu Prabowo dan Ganjar.

“Data ini menegaskan bahwa hanya ada dua kandidat yang relatif kuat sebagai calon presiden saat ini, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Data ini juga menunjukkan bahwa belum ada capres berpotensi besar sebagai presiden 2024 jika pilpres dilakukan saat survei, selisihnya masih cukup kompetitif dan masih di angka range margin of error,” jelasnya.

Survei dilakukan dengan metode wawancara melalui telepon selama 10 hari dari 22 Juni sampai 1 Juli. Ada 1.200 responden yang ikut dalam survei ini.

Pengambilan sampel dalam survei ini menggunakan metode stratified random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

***

Saksikan video menarik di bawah ini:

Comments are closed.