Survei Indikator: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Penyelenggaraan Mudik 2022

Foto udara suasana antrean kendaraan roda empat yang akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (28/4/2022). Foto: Aji Styawan/Antara Foto

Masa mudik Lebaran telah usai. Meski masih ditemukan sejumlah kemacetan di jalur mudik, mayoritas masyarakat merasa puas dengan penyelenggaraan mudik tahun ini.

Hal itu setidaknya ditunjukkan oleh hasil survei yang digelar lembaga survei Indikator Politik Indonesia. Dalam survei nasional yang digelar pada 5-10 Mei 2022 itu mayoritas dari 1.228 responden merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik.

Hasil survei menunjukkan sebanyak 12,6% merasa sangat puas. Kemudian 61,2% merasa cukup puas.

Sedangkan mereka yang kurang puas sebanyak 6,8% dan tidak puas sama sekali 1,1%. Sisanya ada 18,3% yang tidak menjawab.

Hasil survei Indikator kepuasan masyarakat dalam penyelenggaraan mudik yang dirilis Minggu (15/5/2022). Foto: Indikator

Mereka yang merasa puas sebagian besar karena bisa berlebaran di kampung halaman. Sementara yang tidak puas sebagian besar karena merasa masih ada di mana-mana.

Dalam periode mudik tahun ini Korlantas Polri dan sejumlah instansi terkait telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk meminimalisasi kemacetan di jalur mudik. Di antaranya menerapkan one way, contra flow dan ganjil genap.

Meski begitu masih ada beberapa titik jalur mudik yang macet.

Hasil survei Indikator terkait alasan masyarakat merasa puas atau tidak dengan penyelenggaraan mudik yang dirilis Minggu (15/5/2022). Foto: Indikator

Survei Indikator Politik Indonesia menggunakan metode random digit dialing dalam pemilihan sampel. Dengan teknik tersebut terpilih sampel sebanyak 1.228 responden melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simpel random sampling.

Comments are closed.