Sudah Tahu? 7 Layanan di Hotel Ini Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratis

Ilustrasi staycation di hotel Foto: Unsplash/Gaelle Marcel

Hotel menjadi salah satu akomodasi pilihan bagi traveler saat liburan ke suatu tempat. Selain menawarkan kenyamanan, traveler juga akan mendapat beragam fasilitas saat menginap di hotel.

Buat kamu yang sering menginap di hotel, tentu paham betul mana fasilitas yang bisa kamu dapatkan secara gratis ataupun dengan biaya tambahan.

Meski demikian, tak sedikit dari traveler yang tak menyadari bahwa ada servis atau fasilitas di hotel yang bisa kamu dapatkan secara gratis, lho.

Berikut kumparan rangkum 7 layanan di hotel yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

1. Welcome Drink

Ilustrasi welcome drink di hotel Foto: Pixabay

Welcome drink adalah layanan yang bisa kamu dapatkan di hotel. Minuman gratis ini disediakan untuk menyambut para tamu yang hendak menginap.

Biasanya kamu akan mendapatkan fasilitas ini saat pertama kali tiba di lobby. Selain menawarkan minuman gratis, kamu juga akan diberikan free towel atau handuk kecil untuk membersihkan wajahmu.

Hanya saja, perlu dicatat tak semua hotel menyediakan layanan ini ya. Biasanya layanan ini bisa kamu dapatkan di hotel berbintang tiga sampai lima.

2. Morning call

Ilustrasi “Peraturan 10.000 Jam” Foto: rawpixel.com

Selanjutnya, morning call adalah layanan yang bisa kamu dapatkan secara gratis saat menginap di hotel. Layanan panggilan telepon ini sangat berguna buat kamu yang punya segudang aktivitas di keesokan harinya.

Kamu bisa memanfaatkan layanan ini agar tak kesiangan dengan menghubungi staff front desk atau receptionist. Beri tahu jam berapa kamu ingin dibangunkan dan staf hotel akan menelepon kamu tepat di jam tersebut.

3. Pinjam Setrika

Ilustrasi Setrika Foto: PublicDomainPictures

Meski sudah dilipat sedemikian rupa, kerap kali baju atau celana yang dibawa dalam koper tetap kusut saat ingin digunakan. Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan bukan, terlebih jika kamu yang ingin menghadiri acara-acara resmi atau formal.

Kalau sudah begini, kamu enggak perlu segan meminta bantuan pihak hotel untuk meminjamkan setrika. Sebab, barang satu ini juga sudah disediakan hotel dan biasanya tanpa biaya sewa, lho!

4. Adapter Tambahan

Adaptor universal Foto: Shutter Stock

Saat menginap di hotel berbintang, khususnya di luar negeri, kamu tentu akan dihadapkan dengan stop kontak yang berbeda dari biasanya. Oleh karena itu kamu pasti membutuhkan adaptor internasional agar bisa mengisi daya baterai gawaimu.

Namun, bagaimana kalau kamu kelupaan atau adapter tersebut tertinggal di rumah? Jangan panik, kamu bisa meminjam di hotel tempatmu menginap.

Kamu bisa langsung mengubungi resepsionis dan meminta adapter tambahan. Saat check-out jangan lupa untuk mengembalikan adapter tersebut ke resepsionis ya.

5. Minta Kopi/Teh Sachet di Kamar

Ilustrasi staycation di hotel Foto: Dok. Pegipegi

Saat kamu menginap di hotel, salah satu fasilitas yang disediakan adalah pemanas air beserta teh, kopi, dan gula sachet. Nah, tahukah kamu kalau ini adalah layanan gratis yang memang disediakan untuk tamu?

Buat kamu yang suka ngopi atau ngeteh di kamar setiap harinya juga tak perlu khawatir karena jika jatah di kamar sudah habis, kamu bisa meminta teh, kopi dan gula lagi ke pihak hotel tanpa dikenakan biaya.

6. Membungkus Sarapan

Ilustrasi tamu hotel sarapan di kamar Foto: Shutter Stock

Biasanya pihak hotel menyediakan sarapan antara pukul 07.00 hingga 10.00 waktu setempat. Nah, buat kamu yang tidak sempat sarapan di restoran hotel, kamu bisa lho meminta pihak hotel untuk menyajikanya di dalam boks untuk bekalmu di jalan.

Hanya saja, biasanya request ini tidak bisa mendadak. Sebaiknya kamu bilang terlebih dulu, ya.

7. Layanan Concierge

Ilustrasi resepsionis hotel memberikan kartu akses kamar pada tamu Foto: Shutter Stock

Terakhir, saat menginap di hotel kamu juga bisa memanfaatkan layanan concierge untuk mengantar barang-barang bawaanmu ke kamar. Hal ini tentunya sangat membantu kamu yang membawa banyak barang atau menginap bareng keluarga.

Yang harus kamu lakukan kamu wajib menginfokan barang apa saja yang kamu bawa di resepsionis. Agar tidak tertukar, pihak resepsionis akan memberikan tag atau label di barang bawaanmu. Barang-barang bawaanmu tersebut kemudian akan dibawa ke dalam kamar.

***

(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)

Comments are closed.