Stok Vaksin Masih Cukup, Ayo Segera Daftar Vaksinasi COVID-19

Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 ke pada warga saat vaksinasi COVID-19 massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

Vaksin saat ini masih menjadi senjata yang dianggap bisa membantu pengendalian pandemi COVID-19. Untuk itu, juru bicara Kemenko Marves, Jodi Mahardi, mengajak seluruh warga Indonesia untuk segera divaksinasi dan tak perlu khawatir kehabisan stok vaksin.

“Pemerintah sudah memastikan stok vaksin cukup. Bahkan, ada yang berdatangan hampir tiap minggunya, jutaan dosis baru,” kata Jodi dalam Keterangan Pers Virtual Update PPKM Darurat, Sabtu (3/7).

Per 1 Juli 2021, Indonesia memang sudah mengamankan hampir 100 juta dosis vaksin COVID-19. Jumlah itu akan terus bertambah karena Indonesia juga menerima donasi dari skema COVAX facility.

Pada pekan ini saja pemerintah telah menerima 9.226.800 dosis vaksin AstraZeneca dari pemerintah Jepang. Dalam waktu dekat, ada juga jutaan dosis vaksin dari Amerika Serikat dan Belanda yang akan segera datang.

“Vaksinasi terbukti efektif melindungi, mengurangi resiko sakit berat, dan menyelamatkan nyawa. Daftar sekarang juga,” ungkapnya.

Untuk mempermudah vaksinasi, Jodi mengungkapkan, pemerintah akan secepatnya menjalin kerja sama dengan platform penyedia tiket digital serta platform daring lainnya. Selain vaksinasi, salah satu upaya pengendalian pandemi yang dilakuakn pemerintah adalah dengan menerapkan PPKM Darurat di Jawa dan Bali selama 3 Juli – 20 Juli 2021.

Jika progress vaksinasi COVID-19 Indonesia baik dan dikombinasikan dengan maksimalnya penerapan PPKM Darurat, diharapkan Indonesia dapat segera keluar dari mimpi buruk pandemi corona ini.

Comments are closed.