Stok Vaksin COVID-19 di Pekanbaru Menipis

PETUGAS sedang memindahkan vaksin yang baru saja tiba di Pekanbaru.

SELASAR RIAU, PEKANBARU – Di saat pemerintah mempercepat vaksinasi terhadap masyarakat, justru persedian vaksin COVID-19 di Kota Pekanbaru, dari hari ke hari semakin menipis.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru mendata, saat ini hanya tersisa 1.470 vial vaksin. Hingga kini, Pekanbaru belum mendapat pasokan tambahan vaksin.

Kondisi ini sempat menjadi pembahasan saat rapat bersama Gubernur Riau, Syamsuar, terkait penanganan COVID-19.

Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, mengatakan Dinkes Kota Pekanbaru sudah mengajukan tambahan vaksin. Tambahan ini guna mendukung percepatan vaksinasi.

“Kita perintahkan kepala dinas kesehatan segera menggesa proses penambahan pasokan vaksin,” jelas Ayat, Selasa (6/7/2021).

Sementara itu, kebutuhan vaksin di Pekanbaru mencapai 7.000 dosis dalam sehari. Satu bulan kebutuhan bisa 21 ribu dosis.

Pemerintah kota siap mendukung percepatan vaksinasi di Puskesmas. Ada 22 Puskesmas mendukung pemberian vaksin bagi masyarakat.

Selain itu, juga terdapat 21 rumah sakit pemerintah dan swasta di ikut serta dalam vaksinasi ini.

Bus vaksin keliling juga ikut menjangkau pemberian vaksin bagi masyarakat di permukiman.

“Kita siap untuk pemberian vaksin, maka untuk tambahan terus kita kordinasikan ke dinas kesehatan provinsi,” jelasnya.

Hingga pekan ini, warga Pekanbaru sudah menerima suntikan vaksin 310 ribu orang dari total 750.000 penerima vaksin. Sekitar 440 ribu orang di Kota Pekanbaru belum menerima vaksin.

Laporan: LARAS OLIVIA

Comments are closed.