Southgate Usai Inggris ke Final Euro 2020: Rayakan Sekarang, Lalu Fokus Lagi

Ekspresi pelatih Inggris Gareth Southgate saat melawan Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Frank Augstein/Reuters

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, meminta anak-anak asuhnya untuk tetap fokus. Ia menegaskan bahwa masih ada satu laga lagi yang harus dimenangi The Three Lions untuk jadi juara.

Inggris menyegel satu tiket ke final Piala Eropa 2020 usai berhasil mengalahkan Denmark di Stadion Wembley pada babak semifinal, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Duel ini harus dituntaskan lewat perpanjangan waktu usai kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Denmark mampu unggul lebih dulu lewat tendangan bebas Mikkel Damsgaard. Gol bunuh diri Simo Kjaer lantas memaksa hasil imbang 1-1 di 90 menit laga berjalan.

Inggris memastikan kemenangan usai mendapatkan penalti di menit 104. Sepakan penalti Kane awalnya bisa ditahan oleh Kasper Schmeichel, tetapi bola muntah langsung disambarnya yang berujung gol.

Selebrasi pemain Inggris usai mencetak gol ke gawang Denmark pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Laurence Griffiths/REUTERS

Southgate pun menilai tim asuhannya layak bangga dengan keberhasilan tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa Inggris masih dinanti satu laga untuk menjadi juara. Ia ingin tim asuhannya tetap fokus untuk mempersiapkan diri menyongsong laga final nanti.

“Saya sangat bangga dengan para pemain. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk menjadi bagian darinya. Kami tahu itu tidak akan mudah,” kata Southgate, dikutip dari BBC.

“Hal yang paling menyenangkan adalah kami telah memberikan malam yang fantastis kepada para penggemar dan bangsa ini. Namun, perjalanan berlanjut selama empat hari lagi.”

Ekspresi pelatih Inggris Gareth Southgate saat melawan Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Reuters

“Kami harus menikmati fakta bahwa kami berada di final tetapi ada satu lagi rintangan besar yang harus ditaklukkan. Italia adalah tim yang sangat bagus dalam beberapa tahun terakhir. Rayakan sekarang, lalu kita bakal fokus lagi,” imbuh pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Pada partai puncak, Inggris bakal berjumpa Italia di Stadion Wembley pada 12 Juli mendatang. Ini merupakan kali pertama bagi ‘Tiga Singa’ melaju ke final Piala Eropa.

Inggris juga mengakhiri penantian untuk kembali tampil di final turnamen besar selama 55 tahun. Terakhir kali, mereka berhasil melakukannya adalah saat memenangi Piala Dunia 1966.

****

Comments are closed.