Serba-serbi Persiapan Pernikahan Kaesang

Prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Stadion Manahan Solo Foto: Instagram/@kaesangp

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep akan mempersunting gadis asal Sleman bernama Erina Gudono. Informasi yang beredar, akad nikah keduanya akan berlangsung di Sleman pada 10 Desember mendatang.

Lalu bagaimanan persiapannya? berikut kumparan rangkum berita persiapan pernikahan Kaesang-Erina.

Bocoran Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang di Sleman

Informasi rangkaian acara pernikahan Kaesang diketahui akan dimulai pada 8 Desember mendatang.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan dari jadwal sementara yang dia dapat, rangkaian acara di mempelai perempuan dimulai dengan Semaan atau pengajian pada 8 Desember.

“Di jadwalnya itu, ada mulai tanggal 8 ada Semaan (pengajian Alquran). Kemudian tanggal 9 itu dimulai Bleketepe (dekorasi anyaman janur),” katanya.

Prewedding Kaesang-Erina Gudono di Istana Bogor. Foto: Instagram/@erinagudono

“Dan seterusnya itu ya ada malam Midodareni,” lanjutnya.

Sementara itu untuk acara pokok yaitu pernikahan pada tanggal 10 pukul 12.00 WIB. Sejauh ini, baru informasi itu yang diterima oleh Aji.

“Itu informasi yang saya terima, ya, tetapi apakah ada perubahan atau tidak,” tuturnya.

Sementara soal apakah Sri Sultan akan menjadi saksi dalam pernikahan Kaesang dan Erina, pihaknya mengaku belum mendapatkan informasi.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto di Polda DIY, Senin (6/6/2022). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Polda DIY pun melakukan persiapan untuk keamanan, salah satunya mempersiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan saat hari H.

“Untuk persiapan itu salah satunya yang kita antisipasi adalah masalah kepadatan arus lalu lintas,” kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, Kamis (24/11).

Yuli masih belum menyebut di mana lokasi tempat pernikahan putra bungsu Jokowi tersebut.

“Nanti pada saat hari H-nya, rekayasa mana, beberapa plan, beberapa cara bertindak sudah kita siapkan tinggal nanti dipraktikkan menurut situasi yang berkembang pada saat hari H jam-nya nanti,” katanya.

Sementara itu, untuk pengamanan di lokasi juga akan dilakukan. Soal berapa jumlah personel yang diterjunkan, Yuli mengatakan nantinya akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan.

“Nanti dilihat dari kerawanan, dari ketersediaan personel, potensi ancaman seperti apa, kan itu melihat dari situasi yang ada pada saat menjelang hari H,” katanya.

Hotel di Yogya gelar aksi tanda cinta di tengah kelesuan pariwisata. Foto: Dok. IHGMA DPD Yogyakarta

Hotel-hotel Dapat Berkah Pernikahan Kaesang, Reservasi Meningkat 70%

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono, mengakui bahwa hotel-hotel di DIY terutama wilayah utara dan timur mendapat berkah dari pernikahan tersebut. Reservasi di wilayah tersebut mengalami peningkatan.

“Ya ini pernikahan mantu Pak Jokowi berkah bagi beberapa hotel di utara dan timur,” kata Deddy dihubungi awak media, Rabu (23/11).

Deddy sendiri tak membeberkan di mana lokasi akad pernikahan Kaesang dan Erina.

Sementara informasi yang beredar sejauh ini, akad akan berlangsung di Pendopo Ambarrukmo yang berada di Hotel Royal Ambarrukmo, Sleman. Hotel tersebut memang berada di utara-timur.

“Yang lebih tahu (lokasinya) kan panjenengan semua (wartawan), saya tidak bisa menyampaikan. Tapi di wilayah timur dan utara reservasi (beberapa hotel) meningkat karena adanya pernikahan anak Pak Jokowi,” ungkapnya.

Berdasarkan data PHRI DIY, tingkat reservasi hotel di DIY mengalami peningkatan antara 30 sampai 60 persen di bulan Desember.

“Nataru tadi, kalau akumulasi dari 1 Desember sampai 31 reservasi 40 sampai 70 persen,” katanya.

Dijelaskan Deddy, untuk hotel-hotel di wilayah timur dan utara peningkatan reservasi mencapai 70 persen. Hal ini dimungkinkan karena acara mantu Pak Jokowi.

Pengrajin batik di Solo terima pesanan baju untuk pernikahan Kaesang. Foto: Dok. Istimewa

Keluarga Jokowi Pesan Ratusan Seragam Batik Solo

Untuk acara ngunduh mantu dan resepsi pernikahan Kaesang akan dilangsungkan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, pada 11 Desember 2022.

Keluarga Jokowi pun mulai memesan puluhan baju untuk acara pernikahan di Toko Busana Jawi Suratman yang beralamat di Jalan Teuku Umar Nomor 14, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Pemilik Toko Busana Jawi, Sugiyatno mengaku toko yang didirikannya sejak tahun 2000-an ini merupakan langganan keluarga Jokowi. Bahkan, pernikahan anak Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu juga memesan seragam panitia pengantin di toko miliknya.

“Toko saya sudah lama menjadi langganan keluarga Pak Jokowi. Nikahnya Gibran dan Kahiyang beli seragam panitia pengantin juga di sini,” kata Sugiyatno, Kamis (24/11).

Dikatakannya, untuk pernikahan Kaesang ini keluarga Jokowi mulai memesan pada awal September. Pihak yang memesan dari utusan langsung Jokowi datang ke toko.

“Bulan September mulai saya terima pesanan. Yang datang langsung dari panitia, keluarga beliau (Jokowi) yang pesan datang ke sini,” kata dia.

Comments are closed.