Sempat Hilang Kontak, Pesawat Penumpang di Rusia Tabrak Tebing, 28 Orang Tewas

Ilustrasi pesawat. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Pesawat AN-26 dengan 28 penumpang yang sempat hilang kontak di Rusia berhasil ditemukan. Pesawat itu ditemukan jatuh di sekitar utara Palana.

Menurut Gubernur Kamchatka Vladimir Solodov, pesawat itu jatuh akibat menabrak tebing saat hendak mendarat. Seluruh penumpang pesawat AN-26 dinyatakan tewas.

“Hari ini sebuah pesawat yang sedang menuju dari Petropavlovsk-Kamchatsky ke Palana jatuh secara fatal. Tragedi itu terjadi ketika pesawat diduga melakukan upaya kedua untuk mendarat akibat jarak pandang yang buruk,” kata Solodov, dikutip dari Reuters, Selasa (6/7).

“Sebagai hasil dari operasi penyelamatan besar-besaran dengan menggunakan penerbangan wilayah Kamchatka, Kementerian Darurat dan Kementerian Pertahanan, puing-puing pesawat yang diduga [AN-26] ditemukan lima kilometer ke utara dari Palana. [Sementara] badan pesawat terlihat di pantai dan bagian utama pesawat di daerah pantai,” imbuh dia.

Sebelumnya, pesawat turboprop bermesin ganda Antonov AN-26 berangkat dari ibukota regional Petropavlovsk-Kamchatsky ke Palana, desa di utara semenanjung Kamchatka. Namun pesawat yang telah beroperasi sejak 1982 itu hilang kontak saat terbang di tengah cuaca mendung.

Menurut Kementerian Darurat, ada 22 penumpang dan enam awak di dalam pesawat AN-26. Wali kota Palana Olga Mokhireva adalah salah satu di antara penumpang.

Standar keselamatan penerbangan Rusia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi kecelakaan, terutama yang melibatkan pesawat tua dengan operasi jarak jauh tidak jarang terjadi.

Jenis pesawat era Soviet, yang masih digunakan untuk penerbangan militer dan sipil di beberapa negara, telah terlibat dalam puluhan kecelakaan mematikan sejak mulai beroperasi sekitar 50 tahun lalu.

Antonov-28, pesawat serupa, menabrak hutan Kamchatka pada 2012 dan menewaskan 10 orang di rute yang sama yakni Petropavlovsk-Kamchatsky ke Palana. Penyelidik mengatakan kedua pilot mabuk saat kecelakaan terjadi.

Comments are closed.