Selain Unai Simon, 3 Kiper Ini Juga Lakukan Blunder Berujung Gol di Euro 2020

Reaksi kiper Spanyol Unai Simon setelah mencetak gol bunuh diri saat melawan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Wolfgang Rattay/Reuters

Unai Simon menjadi buah bibir saat Spanyol melawan Kroasia di babak 16 besar Euro 2020. Kiper milik Athletic Bilbao itu melakukan blunder fatal yang membuat gawang Spanyol kebobolan.

Pada menit ke-20, Simon gagal mengontrol bola hasil backpass Pedri dengan baik. Bola malah melesat masuk ke dalam gawang dan membuat Spanyol tertinggal.

Untungnya, La Furia Roja berhasil bangkit. Mereka pun menang dengan skor 5-3 dan berhasil melaju ke babak perempat final.

Simon bukan satu-satunya kiper yang melakukan blunder di ajang Euro 2020. Ada beberapa kiper lain yang juga melakukan blunder berujung gol. Siapa saja?

Martin Dubravka (Slowakia)

Pemain Slovakia Martin Dubravka mencetak gol bunuh diri di Stadion La Cartuja, Seville, Spanyol, Rabu (23/6). Foto: Pool via REUTERS/Marcelo Del Pozo

Dubravka blunder saat Slowakia menghadapi Spanyol di matchday ketiga fase grup. Kiper Newcastle United itu malah meninju bola ke dalam gawang usai sepakan Pablo Sarabia mengenai mistar gawang.

Sial bagi Dubravka, Slowakia yang butuh imbang malah kalah telak 0-5 dari Spanyol. Alhasil, mereka gugur dari pentas Euro 2020.

Lukas Hradecky (Finlandia)

Kiper Finlandia Lukas Hradecky setelah kebobolan gol dari Belgia. Foto: Pool via REUTERS/Anton Vaganov

Hradecky melakukan blunder berujung gol saat bertemu Belgia di matchday terakhir babak grup. Hradecky membuat gol bunuh diri usai sundulan Thomas Vermaelen yang membentur tiang memantul mengenai badannya dan masuk ke gawang.

Padahal, Hradecky tampil gemilang sepanjang pertandingan. Beberapa kali penyelamatan berhasil dibuatnya hingga Belgia frustrasi. Sayangnya, Finlandia tumbang dari Belgia dengan skor 0-2.

Wojciech Szczesny (Polandia)

Pemain Spanyol Gerard Moreno berebut bola dengan pemain Polandia Tymoteusz Puchacz pada pertandingan lanjutan Grup E Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: David Ramos/Pool/REUTERS

Szczesny melakukan gol bunuh diri saat Polandia takluk dari Slowakia di matchday awal Euro 2020. Di babak pertama, kiper milik Juventus itu gagal mengantisipasi tendangan Robert Mak ke tiang dekat.

Tendangan Mak membentur tiang gawang. Bola lalu mengarah ke badan Szczesny dan masuk ke dalam gawang.

Comments are closed.