Sejarah, Wasit Keluarkan Kartu Putih di Pertandingan Sepak Bola

Ilustrasi wasit. Foto: Valentyn Ogirenko/REUTERS

Sejarah tercipta di dunia sepak bola. Bila umumnya wasit mengeluarkan kartu kuning dan merah, kini untuk pertama kalinya dalam sebuah pertandingan profesional wasit mengeluarkan kartu putih.

Momen tersebut terjadi di Portugal, tepatnya saat tim wanita Benfica bersua tim wanita Sporting CP di Estadio Da Luz pada babak perempat final Taca de Porutgal de Futebol Feminino, Sabtu (21/1).

Wasit yang bertugas, Catarina Campos, mengeluarkan kartu putih dari sakunya di menit 44. Ia memberikan kartu kuning untuk tim medis kedua tim yang membantu seorang fan yang merasa tidak enak badan di tribun stadion.

“Tim medis Benfica dan Sporting menerima kartu putih karena membantu seorang penggemar yang merasa tidak enak badan di tribun,” bunyi laporan Canal 11.

Diwartakan Joe, kartu putih yang dikeluarkan wasit bukanlah bentuk hukuman bagi tim medis Benfica maupun Sporting CP. Itu merupakan bentuk pengakuan wasit atas sikap sportivitas yang ditunjukkan oleh tim medis dari kedua kubu. Tak ayal, pemberian kartu putih itu disambut gembira dan tepuk tangan penonton di stadion.

“Kartu putih telah diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif baru bagi ofisial untuk mengakui dan memuji klub atas permainan yang adil selama pertandingan dan diperkenalkan untuk meningkatkan nilai-nilai etika dalam olahraga. Meski belum menjadi praktik umum, kartu putih merupakan bagian dari rangkaian perkenalan baru dalam sepak bola,” bunyi laporan Joe.

Laga tim wanita Benfica kontra tim wanita Sporting CP turut menyisakan catatan menarik dalam hal jumlah penonton. Menurut laporan Proxima Jornada, sebanyak 15.032 penonton yang hadir di Estadion Da Luz menjadikan laga tersebut sebagai laga dengan jumlah kehadiran penonton tertinggi untuk pertandingan wanita di Portugal.

Adapun laga berkesudahan 5-0 untuk tim wanita Benfica. Berkat hasil tersebut, mereka berhak melangkah ke babak semifinal Taca de Portugal de Futebol Feminino.

Comments are closed.