Sebelum Marc Klok, 4 Pemain Ini Pernah Hijrah dari Persija ke Persib

Aliyudin kala berjersi Persija. Foto: Dok. Persija

Usai hengkang dari Persija Jakarta, Marc Klok kini resmi berseragam Persib Bandung. Kepindahan yang mengejutkan itu diumumkan langsung melalui Instagram Persib, Rabu (30/6) siang.

Namun, gelandang naturalisasi asal Belanda itu bukanlah pemain pertama yang memutuskan hijrah langsung dari Persija ke Persib. Sebelumnya, beberapa eks pemain ‘Macan Kemayoran’ pernah melakukan hal serupa. Siapa saja pemain tersebut?

Berikut kumparan paparkan empat pemain yang pernah hijrah secara langsung dalam dua musim dari Persija ke Persib.

1. Alexander Pulalo

Alexander Pulalo sempat melalang buana ke beberapa klub besar di Indonesia pada awal 2000-an. Salah satunya, Persija yang ia perkuat semusim pada 2002/03.

Setelah melakoni 30 pertandingan, pemain asal Jayapura ini memilih hijrah ke Persib. Sayangnya, kariernya bersama ‘Pangeran Biru’ tidak segemilang di Persija dengan hanya bermain 21 pertandingan sebelum akhirnya pindah ke Arema Malang.

2. Charis Yulianto

Mantan bek andalan Timnas Indonesia, Charis Yulianto, sempat bermain untuk Persija selama dua musim hingga 2006. Ia langsung memutuskan untuk pindah ke Persib Bandung untuk musim selanjutnya.

Selama satu musim di Persib, ia hanya diberikan 28 kesempatan bermain dan mencetak dua gol.

3. Atep

Kepindahan Atep dari Persija ke Persib menjadi momen yang tidak bisa dilupakan. Bukan tanpa sebab, Atep sedang dalam performa yang baik bersama ‘Macan Kemayoran’ sebelum memutuskan pindah ke Persib pada 2008.

Secara statistik, Atep telah bermain 53 pertandingan bersama Persija dengan mencetak 14 gol selama empat musim. Sedangkan, di Persib, ia bermain sebanyak 227 laga dengan mengoleksi 30 gol selama sepuluh tahun.

Atep Rizal kala berjersi Persija. Foto: Instagram/4tep

4. Aliyudin

Aliyudin sempat bersinar di Persija bersama trio Bambang Pamungkas dan Greg Nwokolo yang kala itu dikenal sebagai ‘Trio ABG’. Bermain selama empat musim, Aliyudin telah melakoni 90 laga dan mencetak 38 gol.

Namun, kebersamaannya dengan tim Ibu Kota harus usai pada 2011 setelah ia memutuskan pindah ke Persib. Sayangnya, karier Aliyudin di Persib tidak secemerlang ketika di Persija. Ia hanya bermain 28 laga dan mencetak 5 gol dalam satu musim sebelum hengkang ke Sriwijaya FC.

Penulis: Thontowi Wallace

Comments are closed.