Satgas Solok Heran Masuk Jadi Daerah PPKM, Jubir COVID-19: Solok di Zona Kuning

Vaksinasi. Foto: ANTAR

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto secara resmi menyebutkan 43 kabupaten/kota di 20 provinsi di Indonesia dilakukan perpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yakni 6-20 Juli 2021 nanti.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Solok, Nurzal Gustim, mengatakan Kota Solok menjadi salah satu daerah di Indonesia yang perlu melakukan penerapan PPKM Mikro.

“Saya merasa agak heran dengan kebijakan PPKM Mikro ini, karena mengingat saat ini Kota Solok malah di zona kuning,” ungkapnya, Selasa 6 Juli 2021.

Berbeda dengan tiga kota di Sumatera Barat lainnya, ia menilai tidak mengherankan. Sebab tiga daerah, yaitu Bukittinggi, Padang dan Padang Panjang termasuk ke dalam zona oranye.

Ia menjelaskan, status zona kuning menjadi alasan Pemko Solok belum ada menerapkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

Baca juga: 4 Kota di Sumbar Kena Pengetatan PPKM Mikro 6-20 Juli 2021

Namun terang Nurzal, karena PPKM Mikro diterapkan di tengah masyarakat, tentu perlu dirapatkan. Berbeda kalau hanya di perkantoran saja mungkin tidak akan masalah penerapannya.

“Tetapi yang terkait ke masyarakat itu yang perlu dibicarakan. Jelas pula zona kita oranye atau merah mungkin tidak masalah,” katanya.

Pemko Solok sendiri menurutnya sebenarnya telah memulai PPKM. Namun klasternya di tingkat kelurahan-kelurahan, sesuai tingkat kasus yang terjadi.

Meski demikian, instruksi menteri sudah keluar, tentu pihaknya akan menyikapi kebijakan ini segera.

“Yang pasti kita tentu akan menyikapi arahan pusat tersebut sebagai bagian dari NKRI. Namun teknisnya perlu disiapkan termasuk kesiapan anggaran konsekuensi dilakukannya PPKM Mikro yang diperketat,” ujar Nurzal.

Sebagaimana diketahui, Kota Solok termasuk salah satu dari empat kota di Sumatera Barat yang terkena kebijakan PPKM Mikro.

Total ada 43 kabupaten dan kota atau pada 20 provinsi di luar Jawa dan Bali diminta menerapkan PPKM Mikro pada 6-20 Juli.

Comments are closed.