Satgas COVID-19: Aturan Perjalanan WNA ke Dalam Negeri Sedang Tahap Finalisasi

Kepala BNPB Ganip Warsito (tengah) menjawab pertanyaan wartawan saat meninjau penanganan kasus COVID-19 di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (2/6/2021). Foto: Yusuf Nugroho/ANTARA FOTO

Pemerintah sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Satgas COVID-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang perjalanan di dalam negeri selama penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali. Namun, aturan perjalanan luar negeri termasuk kedatangan Warga Negara Asing (WNA) ke RI belum rampung.

Kepala BNPB sekaligus Kasatgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito mengatakan, aturan mengenai perjalanan luar negeri tengah digodok dan sudah masuk tahap finalisasi. Salah satu yang dirumuskan adalah syarat kedatangan ke Indonesia harus sudah divaksin 2 kali.

“Perjalanan WNA harus sudah vaksin dosis ke-2. [Aturan] sedang tahap finalisasi,” kata Ganip secara virtual, Jumat (2/7).

Suasana penyelenggaraan vaksinasi Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI-B) oleh KBRI Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (27/6/2021). Foto: KBRI Abu Dhabi

Ganip mengungkap, aturan tersebut termasuk untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI). Rinciannya, masih dibahas. Tetapi ia mengatakan, kartu vaksin juga akan dijadikan syarat bagi kepulangan PMI.

“Kita sedang memfinalisasi [aturan] perjalanan luar negeri baik WNA, TKI. Sedang proses koordinasi Kemenkumham, Satgas dan kementerian lain,” terang dia.

“Untuk PMI itu kita akan terapkan kartu vaksin setelah melakukan entry test dan karantinanya setelah exit test,” imbuh dia.

Comments are closed.