Satgas Akan Ubah PPKM Mikro, Mal Hanya Buka Sampai Jam 17.00

Seorang calon pembeli menunggu makanan pesanannya di mall Senayan City, Jakarta, Senin (14/9). Foto: Muhammad Adimaja/Antara Foto

Satgas COVID-19 melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona. Salah satu yang akan dilakukan adalah perubahan aturan soal PPKM Mikro, termasuk soal porsi karyawan WFO dan WFH, serta jam buka pusat perbelanjaan atau mal.

Ketua Satgas COVID-19, Ganip Warsito, menjelaskan perubahan aturan soal PPKM Mikro itu sesuai dengan hasil rapat terbatas (Ratas). Detail aturan soal PPKM Mikro, sebelumnya ditetapkan dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 14 tahun 2021.

“Seusai dengan hasil Ratas, nanti akan diadakan perubahan terhadap Inmendagri Nomor 14 tahun 2021. Pembatasan ini dilakukan untuk bisa mengendalikan supaya COVID-19 tidak menyebar,” kata Ganip Warsito dalam diskusi virtual, Senin (28/6).

Kepala BNPB/Ketua Satgas COVID-19 Ganip Warsito saat meninjau kondisi di Bangkalan terkait lonjakan kasus positif COVID-19, Selasa (8/6). Foto: BNPB

“Contohnya, pelaksanaan kegiatan PPKM-nya. WFH dan WFO akan diberlakukan 75 persen dan 25 persen untuk daerah berstatus zona orange. Sektor operasional seperti mal bisa sampai jam 17.00, restoran cuma take away dan beroperasi sampai 21.00,” lanjut mantan Kasum TNI itu.

Dalam aturan PPKM Mikro yang saat ini berlaku, pada poin sembilan dijelaskan, perbandingan WFH 75 persen dan WFO 25 persen diterapkan pada aktivitas perkantoran di kabupaten/kota berstatus zona merah. Sedangkan zona lainnya bisa 50 persen berbanding 50 persen.

Sedangkan aktivitas makan di tempat (dine in)pada restoran, masih diperbolehkan dengan jumlah pengunjung 25 persen dari total kapasitas. Sedangkan pusat perbelanjaan atau mal, boleh dibuka sampai pukul 20.00.

“Pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum (warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan) baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mal jam operasional dibatasi sampai dengan Pukul 20.00 waktu setempat,” demikian dinyatakan di Inmendagri Nomor 14 tahun 2021 tentang PPKM Mikro.

Comments are closed.