Salut! Fans Inggris Donasi Rp 500 Juta Lebih buat Fan Cilik Jerman yang Nangis

Suporter Inggris di tribune sebelum pertandingan melawan Jerman di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Reuters

Aksi mengharukan dilakukan fans Inggris. Mereka membuat donasi mencapai 26.000 pounds (sekitar Rp 521 juta) untuk fan cilik Jerman yang tertangkap kamera menangis saat menonton laga 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris.

Dalam laga itu, Inggris mengalahkan Jerman. The Three Lions menang 2-0 berkat gol Raheem Sterling dan Harry Kane.

Ada sebuah momen ketika Thomas Mueller nyaris bisa mencetak gol saat berhadapan satu lawan satu dengan Jordan Pickford. Namun, sepakannya melenceng. Jerman tidak berhasil membukukan gol hingga laga bubar dan tersingkir dari Euro 2020.

Kamera televisi menangkap momen seorang fan cilik Jerman menangis di pelukan pria–yang kemungkinan adalah ayahnya atau keluarganya yang lain. Dia tampak sangat sedih melihat Jerman kalah dari Inggris di Euro 2020.

The Sun melaporkan, fans Inggris tergerak melakukan donasi pada fan cilik Jerman itu. Seorang fan bernama Hughes menginisiasi gerakan ini di sebuah platform.

“Terima kasih atas dukungan yang luar biasa! Saya belum menghubungi orang tuanya, tetapi saya memiliki beberapa petunjuk yang kuat dan saya berhubungan dengan beberapa jurnalis Jerman,” tutur Hughes, dikutip dari The Sun.

“Saya akan datang setelah kampanye ini (Euro 2020) akan berakhir. Dengan begitu, kalau saya menemui keluarganya, [saya pastikan] mereka akan mendapatkan semua dananya. Jika tidak, semua dana akan disumbangkan ke badan amal yang sesuai,” lanjutnya.

Dilaporkan, hingga jelang laga Inggris vs Ukraina di perempat final Euro 2020, dana donasinya telah terkumpul lebih dari 26.000 pounds (sekitar Rp 521 juta). Padahal, target awalnya cuma 500 pounds (sekitar Rp 10 juta).

Ekspresi pemain Jerman Thomas Mueller usai gagal mencetak gol ke gawang Inggris saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: John Sibley/Reuters

“Kepada keluarga gadis kecil itu, saya dapat sepenuhnya mengerti jika Anda tidak ingin dihubungi karena publisitas. Yang bisa saya katakan adalah jika Anda dapat melakukan kontak dengan organisasi tepercaya yang dapat menengahi atas nama Anda, kami dapat melakukan dialog pribadi sesuai keinginan Anda,” terang Hughes.

“Jika gagal, saya bermaksud agar semua uang yang terkumpul digunakan untuk tujuan baik yang relevan,” tandasnya.

***

Comments are closed.