Saat Panser dan Barracuda ‘Hadapi’ Warga Bandel di Pos Penyekatan PPKM Darurat

Kondisi penyekatan PPKM di Jalan Lampiri, Kalimalang, Bekasi. Foto: Dok. Samuel Billy

Polda Metro Jaya membuat pos penyekatan di sejumlah titik untuk membatasi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat. Dalam hal ini, polisi dibantu personel TNI.

Sejumlah kendaraan taktis TNI jenis Panser dan Barracuda disiagakan di posko-posko penyekatan.

Di antaranya ada di Pos Penyekatan di Jalan Lampiri, Kalimalang, Bekasi, pada Senin (5/7) dan juga di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, yang berbatasan dengan Depok, Jawa Barat.

Seorang pengendara bernama Samuel Billy, yang melintasi jalan tersebut mengatakan pos tersebut dijaga petugas dari polisi dan TNI.

Dalam foto yang diterima kumparan, tampak kendaraan panser dan barracuda disiagakan di pos tersebut.

“Di Pondok Kopi dan Lampiri. [Penyekatan] dari jam 07.15 WIB. Dijaga polisi dan TNI,” ujar Samuel.

Ia menambahkan petugas mengecek surat kerja dan kartu ID. Jika tidak bisa menunjukkan dokumen tersebut, pengendara disuruh putar balik.

Pada pelaksanaan PPKM Darurat di hari ketiga, memang terjadi kepadatan di titik-titik penyekatan. Aktivitas masyarakat yang hendak ke Jakarta jumlah cukup banyak.

Panser TNI berjaga di posko PPKM Darurat Lenteng Agung Raya, Jakarta Selatan. Foto: Instagram/@ tmcpoldametro

Petugas yang berjaga-jaga berusaha agar mereka diputar balikan ke tempat asal sehingga tak semuanya masuk ke Jakarta, kecuali yang memang sektor dizinkan untuk berkegiatan.

Dalam aturan PPKM Darurat telah menetapkan hanya sektor esensial dan sektor kritikal yang bisa berkegiatan di masa PPKM Darurat sebesar 50%.

Berdasarkan unggahan video di akun Instagram resmi @tmcpoldametro serta di berbagai akun Twitter, rantis diparkir untuk menghalangi masyarakat yang berusaha menerobos penyekatan.

“Betul, saat ini kami menempatkan rantis di setiap titik penyekatan perbatasan (DKI Jakarta),” jelas Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo kepada kumparan, Senin (5/7/2021).

Comments are closed.