Rumus Luas Trapesium Sama Kaki dan Contoh Soalnya

Ilustrasi Rumus Luas Trapesium Sama Kaki, Foto Pexels Andrea Piacquadio

Belajar dengan sungguh-sungguh adalah kewajiban yang harus dilakukan para siswa. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami beragam materi yang diajarkan oleh guru. Materi-materi tersebut bisa berguna bagi kehidupannya kelak. Salah satu materi yang penting untuk dipelajari siswa adalah luas trapesium. Memang di kehidupan sehari-hari mungkin kita akan jarang bertemu dengan bangun trapesium. Namun, logika yang digunakan untuk memahami rumus ini akan berguna dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, berikut rumus luas trapesium sama kaki untuk membantu siswa belajar dan memahaminya.

Luas Trapesium Sama Kaki

Berdasarkan buku Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar oleh Siti Ruqoyyah (2021:101), trapesium adalah bangun datar yang dibentuk oleh empat buah sisi yang dua di antaranya saling sejajar namun tidak sama panjang. Trapesium memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah trapesium sama kaki. Trapesium sama kaki adalah trapesium dengan sepasang sisi yang sama panjang. Selain itu, trapesium sama kaki memiliki satu simetri putar dan lipat.

Salah satu ciri bangun datar adalah memiliki luas. Ciri ini juga dimiliki oleh trapesium sama kaki. Berikut rumus luas trapesium sama kaki untuk mencari luas dari suatu trapesium sama kaki:

Luas trapesium sama kaki = ½ x jumlah dua sisi yang sejajar pada trapesium x tinggi trapesiumIlustrasi Rumus Luas Trapesium Sama Kaki, Foto Pexels Andrea Piacquadio

Berikut contoh soal luas trapesium sama kaki agar siswa semakin memahami rumus di atas:

Suatu trapesium sama kaki memiliki sisi sejajar berukuran 10 cm dan 6 cm. Tinggi dari trapesium tersebut adalah 3 cm. Berapakah luas dari trapesium tersebut?

Jawab:

Luas trapesium sama kaki = ½ x jumlah dua sisi yang sejajar pada trapesium x tinggi trapesium

Luas trapesium sama kaki = ½ x (10 cm + 6 cm) x 3 cm

Luas trapesium sama kaki = ½ x 16 cm x 3 cm

Luas trapesium sama kaki = 24 cm^2

Itulah penjelasan mengenai rumus dan contoh soal luas trapesium sama kaki beserta pembahasannya. Semoga siswa dapat lebih mengerti dengan materi ini. (LOV)

Comments are closed.