Ruang Isolasi Ditambah, RSUD Bung Karno Solo Rekrut Relawan

RSUD Bung Karno, Kota Solo.

SOLO-RSUD Bung Karno, Kota Solo, berencana menambah lagi ruang isolasi untuk perawatan pasien COVID-19. Hal itu dilakukan untuk menghadapi lonjakan kasus COVID-19 yang masih terus terjadi.

Penambahan ruang itu membuat mereka harus merekrut relawan. Sebab, selama ini tenaga medis yang dimiliki hanya terbatas. “Kami akan menggunakan satu lantai lagi untuk ruang isolasi,” kata Direktur RSUD Bung Karno Solo, Wahyu Indianto, Selasa (29/06/2021).

Selama ini rumah sakit tersebut menggunakan lantai 4 di gedungnya sebagai ruang isolasi pasien COVID-19. Kapasitas perawatannya berjumlah 39 bed.

Lonjakan kasus COVID-19 membuat pihaknya harus menambah kapasitas dengan membuka satu lantai lagi sebagai ruang isolasi. Diharapkan langkah itu bisa digunakan merawat 40 pasien COVID-19.

Wahyu menjelaskan, mereka harus merekrut tenaga relawan sebagai konsekwensi penambahan kapasitas itu. Sebagian besar relawan yang dibutuhkan adalah tenaga perawat.

Adapun lowongan tersebut meliputi dokter spesialis Paru 1 orang, perawat 43 orang, bidan 5 orang, asisten apoteker 2 orang, pramu laboratorium 3 orang, pranata laboratorium kesehatan 7 orang,tenaga binatu 3 orang, pranata jamuan 4 orang, tenaga kebersihan 10 orang, dan 4 orang untuk tenaga penunjang lainnya.

“Mereka statusnya sebagai relawan,” kata Wahyu. Meski demikian, para tenaga itu juga akan memperoleh honor yang diambilkan dari anggaran rumah sakit serta dana tak terduga dari APBD Kota Solo.

(Tara Wahyu)

Comments are closed.