Relawan PMI Solo Bagikan Ribuan Botol Disinfektan

Ribuan botol disinfektan yang dibagikan kepada warga di Kelurahan Serengan, Kota Solo.

SOLO-Para relawan PMI Solo dari Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Kelurahan Serengan, Kota Solo, membagikan ribuan botol disinfektan kepada warga. Disinfektan yang dibagikan itu merupakan hasil patungan dari warga.

Ketua SIBAT Kelurahan Serengan, Nugroho Priyanto mengatakan bahwa pembagian disinfektan itu merupakan perwujudan sikap gotong royong masyarakat.

“Pembelian disinfektan ini hasil dari patungan para ketua RT di Serengan,” kata Nugroho di sela-sela pembagian cairan disinfektan itu, Rabu (07/07/2021).

Menurutnya, gerakan tersebut berawal dari maraknya kegiatan penyemprotan disinfektan secara insidental yang dilakukan oleh masyarakat. Hanya saja, cara itu dianggapnya masih kurang efektif.

Pihaknya lantas melakukan penggalangan dana kepada masyarakat melalui ketua RT. Hasil dari penggalangan dana itu digunakan untuk pengadaan disinfektan yang dibagikan kepada masyarakat.

“Warga harus melakukan penyemprotan secara mandiri,” kata dia.

Tiap keluarga di Kelurahan Serengan memperoleh 1 botol disinfektan berukuran 500 ml. Dalam kegiatan tersebut, mereka membagikannya kepada 2.394 kepala keluarga.

Dia berharap kelurahan lainnya bisa melakukan hal serupa demi menekan penularan wabah COVID-19. “Hanya butuh dana Rp 3,25 juta untuk satu kelurahan,” katanya.

(Fernando Fitusia)

Comments are closed.