Relakanlah, Ini Cara Berdamai dengan Masa Lalu dan Hidup Tanpa Penyesalan

Ilustrasi Foto: Shutter Stocks

Mungkin kamu telah melakukan sesuatu di masa lalu yang dianggap sebagai kesalahan. Meski waktu telah berlalu, kamu bisa jadi masih memikirkannya dan berharap dapat kembali buat mengubah situasi.

Namun, hal ini berbahaya bagi kesehatan mental. Ingat, penyesalan hanya akan ada jika terus dibiarkan. Untuk melepaskannya, ada beberapa cara seperti dilansir Lifehack berikut ini.

com-Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Akui dan renungkan

Langkah pertama adalah mengakui hal-hal yang kamu sesali. Lalu berikan dirimu ruang untuk merenungkannya.

Ingat, bersikap baiklah pada diri sendiri ketika melakukan ini. Sebab butuh banyak keberanian untuk menghadapi hal-hal yang terus membuat sakit dan menderita.

Mencoba menerima perubahan dalam hidup

Misalnya kamu menyesal dulu enggak menerima tawaran pekerjaan. Sampai sekarang mungkin kamu masih berpikir kalau mengambil keputusan itu, kini bisa menjalani hidup bahagia.

Ada alasan kenapa kamu enggak mengambil kesempatan tersebut. Mungkin karena ada sesuatu yang lebih kamu prioritaskan saat itu.

Lalu, lihat apakah dengan kondisi hidupmu sekarang kamu masih menginginkan hal yang sama. Pengalaman apa yang udah kamu peroleh sejak enggak mengambil pekerjaan tersebut?

Kemungkinannya, kamu udah menjadi orang yang berbeda dibandingkan dulu.

Sebagai manusia, perubahan adalah hal wajar karena kita terus tumbuh. Yang terpenting mencoba menerima bahwa segala sesuatu telah berubah termasuk kamu.

Ilustrasi Foto: Shutterstock

Kamu sedang berproses

Setiap hari kita mencari tahu lebih banyak tentang siapa diri kita atau apa yang diinginkan dalam kehidupan.

Hadiah terbesar yang bisa kamu berikan pada diri sendiri adalah mengakui bahwa kamu adalah manusia yang selalu berproses, dan kesempurnaan itu enggak ada.

Maafkan diri sendiri untuk hal-hal yang enggak kamu ketahui ketika kamu membuat keputusan yang disesali. Akui bahwa keputusan tertentu dibuat karena apa yang kamu inginkan pada saat itu.

Ingat, menyimpan penyesalan berarti kamu masih terjebak di masa lalu dan menghormati diri sendiri tanda kamu menjalani hidup di masa sekarang.

Tetapkan tujuan

Seringkali penyesalan terjadi ketika kita enggak berada di tempat yang diinginkan atau ketika enggak mencapai hal tertentu. Maka itu, salah satu cara untuk menjalani hidup tanpa penyesalan adalah dengan menetapkan tujuan.

Baik itu tujuan jangka panjang, pendek, besar, maupun kecil, ketika kamu punya visi yang jelas, kamu akan memiliki fokus dan harapan ke masa depan, sehingga dapat berdamai dengan masa lalu.

Laporan: Afifa Inak

Comments are closed.