Ratusan Gempa Bumi Terjadi di Lampung, BMKG: Merupakan Gempa Swarm

Ilustrasi gempa bumi | Foto: Getty Images

Lampung Geh, Bandar Lampung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi ratusan gempa bumi di Provinsi Lampung, Kamis (1/7).

Sebaran gempa bumi di Provinsi Lampung, Kamis (1/7/2021) | Foto: BMKG Lampung

Tercatat hingga pukul 19.00 WIB terdapat total 109 kali gempa bumi dengan berbagai macam magnitudo. BMKG menyebut peristiwa tersebut termasuk ke dalam ‘Gempa Swarm’ akibat dari dampak aktifnya sesar semangko.

“Hingga pukul 19.00 WIB tercatat total gempa sebanyak 109 kali. Dampak aktifnya sesar samangko. Kejadian ini sudah termasuk ke dalam gempa swarm,” pernyataan resmi BMKG Lampung dalam unggahannya di media sosial Instagram pada pukul 22.08 WIB, Kamis (1/7/2021).

Gempa Swarm adalah serangkaian aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya sangat tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal.

Sebaran gempa berpusat di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Getaran akibat gempa bumi tersebut juga turut dirasakan masyarakat setempat. Hingga berita ini diterbitkan belum ada laporan terkait kerusakan bangunan.

“Merinding banget loh. Seumur-umur baru kali ini ngerasain gempa seharian,” tulis akun @yemima_sentosa dalam komentarnya.

“Tidur gak nyaman sampai ketakutan gempa makin (terjadi) terus menerus di Kota Agung ya Allah,” tulis akun @mis_egaa dalam komentarnya. (*)

Comments are closed.