Putus dengan Pacarmu, 7 Hal Ini Akan Membuatmu Merasa Jauh Lebih Baik

Putus cinta memang menyebalkan.

Berbagai perasaan menyerbu diri di saat yang paling rapuh: sedih, marah, kecewa. Perasaan-perasaan tersebut valid dan perlu kamu rasakan, selami, dan pahami. Selain itu, kamu bisa mengekspresikan perasaan itu dengan berbagai cara. Menangis semalam, makan enak, bahkan menghubunginya untuk sekedar memakinya. Atau, kamu bisa menanganinya sebagai orang dewasa yang terkendali dan berpikir dengan jernih.

Foro: Kelly Sikkema (Unsplash)

Gunakan waktu yang cukup untuk merasakan kesedihan. Tidak ada panduan mengenai apa yang harus dilakukan setelah putus. Namun langkah yang kamu ambil akan membantu kamu mengembalikan dirimu agar siap untuk melangkah ke fase hidup selanjutnya.

Berikut 7 hal yang akan membuatmu merasa jauh lebih baik

1. Putuskan semua kontak dengan mantanmu

Sesaat setelah memutuskan hubungan, rasanya perlu bagi kamu untuk fokus pada diri sendiri. Kamu perlu menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini, yaitu kembali single, dan lepas dari bayang-bayang hubungan masa lalu.

Unfollow dia dari semua media sosial, mute ia dari semua grup dimana kamu terhubung dengannya, bahkan menghapus nomornya sekalipun. Jika nanti kamu sudah selesai menata hati dan siap, kamu bisa mulai berteman dengannya lagi di media sosial. Namun jika kamu merasa tidak perlu untuk berteman dengannya di media sosial, itu pun tak apa-apa.

2. Menangis, biarkan dirimu bersedih

Dok: Zohre Nemati (Unsplash)

Kehilangan seseorang yang berarti untukmu, serta masa depan yang mungkin sudah kamu bayangkan bersamanya, bukan hal yang mudah. Biarkan dirimu merasakan kesedihan, jangan ditunda atau terburu-buru dalam prosesnya. Menangis dipercaya membuang seluruh energi negatif dan hormon stres. Menangis membuat perasaan jauh lebih baik. Jadi, menangislah.

3. Fokus pada hal yang kamu dapat, bukan tentang kehilangan

Setelah mengambil jeda waktu untuk menangis dan bersedih, kamu bisa mulai memahami apa yang terjadi dalam hubunganmu. Fokuskan diri pada bagaimana kamu tumbuh melalui masalah ini dan hal-hal yang kamu syukuri melalui hubungan tersebut.

4. Berkumpulah bersama orang-orang yang menyayangimu

Tak perlu berlama-lama menyiksa diri dalam kesendirian. Jika kamu masih merasa sedih tapi tidak ada lagi yang bisa dilakukan, hubungi teman-temanmu. Lakukan berbagai kegiatan bersama mereka, mulai dari menonton film bersama hingga berlibur bersama.

Dok: Jarritos Mexican Soda (Unsplash)

Kamu juga bisa berkumpul dengan keluargamu dan menghabiskan waktu dengan mereka. Memasak, berolahraga, atau jalan-jalan bisa jadi opsi kegiatan bersama keluarga.

5. Manjakan dirimu

Pesan makanan enak, pergi ke salon, lakukan manikur dan pijat bisa jadi cara untuk memanjakan dirimu dan membuat perasaanmu jauh lebih baik.

6. Lakukan sesuatu untuk membantu orang lain

Terkadang, kamu tetap memerlukan kegiatan lain untuk mengalihkan perhatian dari sedih berkepanjangan. Lakukan kegiatan sukarela di tempat sosial atau mengirimkan hidangan untuk tetanggamu bisa jadi hal-hal kecil yang membantu mereka.

Dok: Joel Muniz (Unsplash)

7. Bersyukur untuk segala yang ada di hidupmu

Sebelum tidur, tuliskan 5 hal yang membuatmu bersyukur atas hari ini. Ada banyak hal luar biasa terjadi dalam hidup kita dan sering kali kita melewatkannya. Ambil waktu sejenak untuk mengingat kembali hal baik yang terjadi di hari ini. Perasaanmu akan jauh lebih baik.

Penting diingat, perasaan bersifat sementara. Rasa sedih yang kamu rasakan hari ini akan berlalu, dan hari-hari baru akan datang.

Comments are closed.