Puskesmas Kalimanggis Kuningan Ditutup Setelah 34 Pegawainya Terpapar COVID-19

Situasi di Puskesmas Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang ditutup sementara setelah puluhan pegawainya positif COVID-19. (Andri Yanto)

Ciremaitoday.com, KuninganPuskesmas Kalimanggis di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ditutup sementara setelah 34 pegawainya terpapar COVID-19. Akibatnya, pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Kalimanggis terpaksa disetop hingga waktu yang belum ditentukan.

Kepala Puskesmas Kalimanggis, Cecep Mahpud menerbitkan surat keputusan penutupan sementara Puskesmas Kalimanggis, termasuk menghentikan pelayanan kesehatan kepada warga sebagai langkah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

“Sehubungan dengan adanya pegawai puskesmas yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 24 orang, maka kami akan melaksanakan disinfeksi ruangan di UPTD Kalimanggis dan isolasi mandiri,” kata Cecep melalui surat tersebut.

Oleh sebab itu, pihaknya melakukan penutupan puskesmas sejak sekarang hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

“Insya Allah kami akan memberikan pelayanan kesehatan kembali kepada masyarakat, sesuai dengan kondisi pegawai dan akan diinformasikan kembali,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, Susi Lusiyanti saat dikonfirmasi awak media, Senin (28/6/2021), membenarkan, kaitan dengan adanya pegawai di Puskesmas Kalimanggis yang terpapar COVID-19.

Jumlah pegawai yang terpapar COVID-19 terjadi penambahan, dari sebelumnya ada sebanyak 10 pegawai. “Iya betul di Puskesmas Kalimanggis itu sebelumnya ada 10 orang yang terpapar. Kemudian bertambah lagi 24 orang yang terpapar,” sebutnya.

Karena bertambahnya jumlah pegawai yang terpapar COVID-19, lanjutnya, akhirnya Puskesmas Kalimanggis mengambil kebijakan untuk menutup pelayanan kesehatan. Apalagi total jumlah pegawai puskesmas hanya sebanyak 40 orang, sedangkan jumlah yang terpapar mencapai 34 pegawai.

Comments are closed.