Puluhan Kendaraan Pelat Luar DIY Diminta Putar Balik di Kulon Progo

Ilustrasi penyekatan. Foto: Tugu Jogja

Ratusan kendaraan terpaksa harus menjalani pemeriksaan dalam penyekatan yang dilaksanakan oleh jajaran Sat Lantas Polres Kulon Progo di Kapanewon Temon, Rabu (7/7/2021). Hasilnya, puluhan kendaraan yang hendak masuk ke DIY dari arah barat terpaksa diminta putar balik oleh petugas gabungan yang melakukan penyekatan di Temon, Kulon Progo, Rabu (7/7/2021).

Para pengemudi dan penumpang tidak mmebawa kartu bebas COVID-19 atau kartu vaksin dipaksa untuk putar balik. Penyekatan ini melibatkan aparat gabungan TNI dan juga Dinas Perhubungan setempat.

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP A Purwanta mengatakan, hari ini ada 121 kendaraan yang terjaring razia penyekatan. Sebanyak 35 kendaraan diminta putar balik, yang terdiri atas 25 mobil dan 10 sepeda motor. Kendaraan asal luar daerah ini terpaksa diminta putar balik karena tidak bisa menujukkan surat bebas COVID-19 ataupun sertifikat vaksin.

“Sejak hari pertama penyekatan, petugas gabungan dari kepolisian dan TNI, bersama Satpol PP, Dinas Perhubungan terus melakukan penyekatan,” paparnya.

Setidaknya ada tiga shift penyekatan dari pagi siang dan malam. Setiap shiftnya diterjunkan 50 personel petugas gabungan. Di mana penyekatan ini sasarannya kendaraan luar daerah yang masuk ke DIY. Jika tidak ada surat bebas COVID-19 maka mereka terpaksa harus putar balik.

Dalam razia penyekatan ini, petugas juga membagikan puluhan masker kepada para pengemudi dan penumpang yang kedapatan tidak menggunakan masker. Mereka kemudian diberikan teguran dan dibagikan masker.

“Untuk teguran lisan ada 25 pemilik kendaraan. Ini hanya peringatan saja,” katanya.

Salah seorang pengemudi yang diminta putar balik adalah Sarkono warga Majenang, Jawa Tengah. Rencananya dia akan ke Yogyakarta untuk menjemput anaknya. Dia tidak mengetahui jika harus membawa surat bebas COVID-19.

“Ini mau jemput anak tetapi malah kena penyekatan dan harus putar balik,” katanya.

Comments are closed.